PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN INKUIRI DENGAN MEDIA KOMIK SAINS PADA SISWA KELAS V SDN TUGUREJO 03 SEMARANG


ROHMAT KHARIS AFFANDI, 1401409360 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN INKUIRI DENGAN MEDIA KOMIK SAINS PADA SISWA KELAS V SDN TUGUREJO 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401409360.pdf]
Preview
PDF
Download (10MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPA di SDN Tugurejo 03 Semarang belum optimal yang disebabkan karena guru masih menggunakan pendekatan yang kurang inovatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Guru juga kurang menggunakan variasi dalam pembelajaran dan belum menggunakan pendekatan inkuiri. Guru mendominasi kegiatan belajar mengajar sehingga kurang mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran khususnya untuk penemuan dan pemahaman suatu konsep IPA. Siswa jarang bertanya mengenai hal-hal yang belum mereka pahami dan jika guru melakukan tanya jawab, siswa tidak berani dalam menyampaikan pendapat mereka. Selain itu, guru kurang memaksimalkan penggunaan media pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam menerima dan memahami materi yang disampaikan. Hal ini mengakibatkan pada ketuntasan hasil belajar siswa yang rendah yaitu sebanyak 20 dari 38 (52,6%) siswa kelas V belum mengalami ketuntasan belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan pendekatan inkuiri dengan media komik sains dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA?. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan pendekatan inkuiri dengan media komik sains pada siswa kelas V SDN Tugurejo 03 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan pendekatan inkuiri dengan media komik sains yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan dua pertemuan setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas V SDN Tugurejo 03 Semarang. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, tes, catatan lapangan, dan respon siswa. Teknik analisis data terdiri dari analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan inkuiri dengan media komik sains dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 14,5 dengan kriteria cukup, siklus II memperoleh skor 20 dengan kriteria baik, dan siklus III memperoleh skor sebesar 24 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor 13 dengan kriteria cukup, siklus II memperoleh skor 16,75 dengan kriteria baik, dan siklus III memperoleh skor 21,85 dengan kriteria baik. Ketuntasan belajar klasikal siswa siklus I mencapai 57,89%, siklus II mencapai 65,79%, dan siklus III mencapai 86,84%. Simpulan dari penelitian ini adalah pendekatan inkuiri dengan media komik sains dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Saran dari peneliti adalah guru dapat menerapkan pendekatan inkuiri dengan media komik sains untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, pendekatan pendekatan inkuiri, media komik sains
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 10:40
Last Modified: 22 May 2014 10:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18008

Actions (login required)

View Item View Item