PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA RAGAM KRAMA INGGIL MELALUI METODE ROLE PLAYING SISWA KELAS IVB SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG


DIAN CANDRA PRIMAWAN, 1401409357 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA RAGAM KRAMA INGGIL MELALUI METODE ROLE PLAYING SISWA KELAS IVB SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA RAGAM KRAMA INGGIL MELALUI METODE ROLE PLAYING SISWA KELAS IVB SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA RAGAM KRAMA INGGIL MELALUI METODE ROLE PLAYING SISWA KELAS IVB SDN TAMBAKAJI 01 SEMARANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Jawa didukung oleh kemampuan memahami dan menggunakan bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh basa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IVB SDN Tambakaji 01 Semarang, ditemukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam berbicara ragam krama inggil. Siswa merasa kesulitan dikarenakan kurangnya pengetahuan bahasa yang mereka dapatkan. Dalam kesehariannya siswa lebih dominan menggunakan basa ngoko untuk berkomunikasi dengan teman sebayanya dan menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi dengan guru dan orang yang lebih tua. Keadaan siswa tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Jawa yang menunjukkan bahwa 52% siswa atau 22 siswa dari 42 siswa belum mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) SDN Tambakaji 01 Semarang. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah cara meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berbicara ragam krama inggil siswa kelas IVB SDN Tambakaji 01 Semarang?. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berbicara ragam krama inggil siswa melalui metode Role Playing dalam pembelajaran bahasa Jawa. Penelitian dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru kelas IVB dan siswa sebanyak 42 orang siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, data dokumen, dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan di setiap siklusnya. Persentase keberhasilan keterampilan guru pada siklus I adalah 72,7%, termasuk dalam kategori baik, pada siklus II sebesar 88%, termasuk dalam kategori sangat baik dan pada siklus III sebesar 91%, termasuk dalam kategori sangat baik. Persentase keberhasilan aktivitas siswa pada siklus I adalah 62%, termasuk dalam kategori cukup, pada siklus II sebesar 72,5%, termasuk dalam kategori baik, dan pada siklus III sebesar 80%, termasuk dalam kategori baik. Persentase ketuntasan keterampilan berbicara ragam krama inggil siswa pada siklus I adalah 66,7%, termasuk dalam kategori baik, pada siklus II sebesar 81%, termasuk dalam kategori baik dan pada siklus III sebesar 95,2%, termasuk dalam kategori baik. Simpulan hasil penelitian yaitu melalui penerapan metode Role Playing dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berbicara ragam krama inggil siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan guru dapat mengembangkan metode pembelajaran Role Playing pada aspek mata pelajaran Bahasa Jawa yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, metode Role Playing, siswa
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 10:41
Last Modified: 22 May 2014 10:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18007

Actions (login required)

View Item View Item