PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOMPETENSI MENGANALISIS GANGGUAN POMPA INJEKSI TIPE VE DISTRIBUTOR PADA MATA KULIAH PRAKTIK MOTOR DIESEL


Dony Nugroho , 5201407013 (2013) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOMPETENSI MENGANALISIS GANGGUAN POMPA INJEKSI TIPE VE DISTRIBUTOR PADA MATA KULIAH PRAKTIK MOTOR DIESEL. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOMPETENSI MENGANALISIS GANGGUAN POMPA INJEKSI TIPE VE DISTRIBUTOR PADA MATA KULIAH PRAKTIK MOTOR DIESEL]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KOMPETENSI MENGANALISIS GANGGUAN POMPA INJEKSI TIPE VE DISTRIBUTOR PADA MATA KULIAH PRAKTIK MOTOR DIESEL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Apakah perangkat pembelajaran menganalisis pompa injeksi tipe VE distributor yang telah dikembangkan layak untuk digunakan, (2) Apakah hasil belajar mahasiswa yang menggunakan perangkat pembelajaran pompa injeksi tipe VE distributor yang telah dikembangkan lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa menggunakan perangkat pembelajaran yang belum dikembangkan pada mata kuliah Praktik Motor Diesel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar mahasiswa yang menggunakan perangkat pembelajaran pompa injeksi tipe VE distributor yang telah dikembangkan lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar mahasiswa menggunakan perangkat pembelajaran pompa injeksi tipe VE distributor yang belum dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model eksperimen dengan pola Pretest-Posttest Control Group Design, menggunakan tes sebagai alat pengumpul data.Populasi penelitian adalah mahasiswa Teknik Mesin D3 Universitas Negeri Semarang peserta mata kuliah Praktik Motor Diesel semester gasal 2012/2013 yang terdiri dari 1 kelas/ rombel dengan jumlah 22 mahasiswa. Sampel diambil dengan metode random sampling, kemudian diperoleh 2 kelompok, 1 kelompok sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 11 mahasiswa dan 1 kelompok sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 11 mahasiswa. Kelompok kontrol memperoleh pembelajaran sebelum praktik menggunakan perangkat pembelajaran pompa injeksi tipe VE distributor yang belum dikembangkan, sedangkan kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran sebelum praktik dengan menggunakan perangkat pembelajaran pompa injeksi tipe VE distributor yang telah dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, bahwa rata-rata hasil belajar subkompetensi sistem pompa injeksi tipe VE distributor pada kelompok kontrol yang semula 63,6 meningkat menjadi 77,1 atau terjadi peningkatan sebesar 13,45%. Sedangkan pada kelompok eksperimen rata-rata hasil belajar yang semula 55,4 meningkat menjadi 85,5, sehingga terjadi peningkatan sebesar 30,3%. Hasil analisis uji-t nilai post-test juga menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar subkompetensi pompa injeksi tipe VE distributor dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan, dimana mahasiswa yang diberi pembelajaran sebelum praktik dengan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan perangkat pembelajaran pompa injeksi tipe VE distributor yang telah dikembangkan sudah layak digunakan pada proses pembelajaran mata kuliah Praktik Motor Diesel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Pompa Injeksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Oct 2013 11:01
Last Modified: 28 Oct 2013 11:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18005

Actions (login required)

View Item View Item