PENGGUNAAN MODUL SISTEM PENDINGIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MEMELIHARA/SERVIS SISTEM PENDINGIN DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA

Ari Purwanto , 5201408079 (2013) PENGGUNAAN MODUL SISTEM PENDINGIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MEMELIHARA/SERVIS SISTEM PENDINGIN DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA. Under Graduates thesis, Unnes.

[img]
Preview
PDF (PENGGUNAAN MODUL SISTEM PENDINGIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MEMELIHARA/SERVIS SISTEM PENDINGIN DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA)
Download (3181Kb)

    Abstract

    Permasalahan yang diungkap dalam skripsi ini adalah tentang Penggunaan Modul Sistem Pendingin Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Memelihara/Servis Sistem Pendingin dan Komponen-komponennya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang memanfaatkan dan tanpa memanfaatkan modul Sistem Pendingin serta efek pemanfaatan modul ini terhadap hasil belajar Kompetensi Memelihara/Servis Sistem Pendingin siswa kelas XI SMK N 10 Semarang. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen jenis control group pre test-post test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKR SMK N 10 Semarang yang terbagi dalam tiga kelas yaitu XI TKR 1, XI TKR 2 dan XI TKR 3. Penelitian yang dilakukan hanya dua kelas yang diambil secara acak dan didapat siswa kelas XI TKR 2 sejumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI TKR 1 sejumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data mendapatkan bahwa penggunaan modul sistem pendingin dapat meningkatkan hasil belajar dibandingkan tanpa menggunakan modul sistem pendingin, dan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik yang menggunakan modul pembelajaran sistem pendingin ini dengan peserta didik yang yang tidak menggunakannya atau tanpa modul. Jumlah peserta didik pada kelas eksperimen yang mendapatkan nilai memenuhi KKM sebesar 81,3%. Sedangkan jumlah peserta didik pada kelas kontrol yang mendapatkan nilai memenuhi KKM hanya 40%. Sehingga dapat dikatakan kelas eksperimen lebih unggul 41,3% dibandingkan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan penggunaan modul sistem pendingin terhadap hasil belajar Kompetensi Dasar Memelihara/Servis Sistem Pendingin dan Komponen-komponenya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Modul sistem pendingin, pemeliharaan/servis sistem pendingin
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 28 Oct 2013 06:53
    Last Modified: 28 Oct 2013 06:53

    Actions (login required)

    View Item