PERBAIKAN JOB SHEET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI PERBAIKAN/SERVIS ENGINE DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA


Agus Sulistiyanto , 5201408074 (2013) PERBAIKAN JOB SHEET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI PERBAIKAN/SERVIS ENGINE DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PERBAIKAN JOB SHEET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI PERBAIKAN/SERVIS ENGINE DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA]
Preview
PDF (PERBAIKAN JOB SHEET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI PERBAIKAN/SERVIS ENGINE DAN KOMPONEN-KOMPONENNYA)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diungkap dalam skripsi ini adalah tentang perbaikan job sheet terhadap hasil belajar kompetensi perbaikan/servis engine dan komponenkomponennya pada siswa kelas XII Mekanik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Muntilan Kabupaten Magelang Semester Gasal Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan job sheet yang sudah ada dari guru dan job sheet yang telah diperbaiki oleh peneliti terhadap hasil belajar pada kompetensi perbaikan/servis engine dan komponen-komponennya pada siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Muntilan Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen jenis control group pre test-post test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Muntilan Kabupaten Magelang yang berjumlah 79 siswa terbagi dalam tiga kelas yaitu XII MO 1, XII MO2, dan XII MO3. Penelitian yang dilakukan hanya dua kelas yang diambil berdasarkan random sampling dengan undian didapat siswa kelas XII MO3 sejumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol dan XII MO1 sejumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis data mendapatkan bahwa hasil belajar pada kompetensi perbaikan/servis engine dan komponen-komponennya antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen hasil belajarnya (pre test) tidak ada perbedaan yang signifikan. Sedangkan pada kelompok eksperimen pembelajaran dengan menggunakan job sheet yang sudah diperbaiki oleh peneliti dan pada kelompok kontrol pembelajaran dengan menggunakan job sheet yang sudah ada dari guru hasil belajarnya (post test) terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya hasil belajar siswa yang menggunakan job sheet yang sudah ada dari guru sebesar 81,48 % dan hasil belajar siswa yang menggunakan job sheet yang telah diperbaiki sebesar 85,71 %. Sehingga dapat dikatakan bahwa perbaikan job sheet pembelajaran pada kompetensi perbaikan/servis engine dan komponen-komponennya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 1 Muntilan Kabupaten Magelang Semester Gasal Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, perbaikan job sheet, perbaikan/servis engine dan komponen- komponennya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Oct 2013 10:49
Last Modified: 28 Oct 2013 10:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18002

Actions (login required)

View Item View Item