PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TEGALWANGI 02 KABUPATEN TEGAL


Indah Nurul Amalia, 1401409355 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TEGALWANGI 02 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TEGALWANGI 02 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI TEGALWANGI 02 KABUPATEN TEGAL)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kualitas pembelajaran IPS khususnya pada materi Perkembangan Teknologi Produksi dikelas IV SD Negeri Tegalwangi 02 tergolong rendah. Pembelajaran masih bersifat konvensional, sehingga menimbulkan kejenuhan dalam diri siswa. Materi IPS yang kompleks membuat siswa tidak menyukai pelajaran ini. Selain itu, siswa tidak terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Faktor inilah yang kemudian mempengaruhi hasil daya serap siswa pada mata pelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi semester genap tahun 2011/2012 yang hanya mencapai rata-rata nilai 69. Oleh karena itu, diperlukan suatu upaya untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran, salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran index card match. Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada materi Perkembangan Teknologi Produksi di kelas IV SD Negeri Tegalwangi 02 melalui penerapan model pembelajaran index card match. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Tiap-tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh hasil pengamatan terhadap performansi guru pada siklus I yang mencapai nilai 74,42 (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 82,61 (AB), sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai performansi guru pada siklus II mengalami peningkatan. Kemudian persentase aktivitas siswa pada saat pembelajaran juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 68% (tinggi) menjadi 82% (sangat tinggi). Demikian pula ketuntasan hasil belajar dan rata-rata nilai pada siklus II mengalami peningkatan dibandingkan dengan pada siklus I. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 72% dengan rata-rata nilai 73,61, sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 89% dengan rata-rata nilai mencapai 82,52. Meningkatnya aktivititas belajar siswa dan hasil belajar tidak terlepas dari meningkatnya performansi guru dalam menerapkan model pembelajaran index card match, sehingga kualitas kegiatan pembelajaran menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran index card match, Kualitas Pembelajaran IPS, Materi Perkembangan Teknologi Produksi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 10:41
Last Modified: 22 May 2014 10:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17997

Actions (login required)

View Item View Item