PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM PENERANGAN LUAR MOBIL KOMPETENSI MEMPERBAIKI SISTEM KELISTRIKAN PENGAMAN DAN KELENGKAPAN TAMBAHAN


SOFFAN NURHAJI , 5201408034 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM PENERANGAN LUAR MOBIL KOMPETENSI MEMPERBAIKI SISTEM KELISTRIKAN PENGAMAN DAN KELENGKAPAN TAMBAHAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM PENERANGAN LUAR MOBIL KOMPETENSI MEMPERBAIKI SISTEM KELISTRIKAN PENGAMAN DAN KELENGKAPAN TAMBAHAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM PENERANGAN LUAR MOBIL KOMPETENSI MEMPERBAIKI SISTEM KELISTRIKAN PENGAMAN DAN KELENGKAPAN TAMBAHAN)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran yang berada pada SMK Negeri 3 Semarang kompetensi memasang sistem penerangan dan wiring kelistrikan luar mobil adalah pada saat praktikum menggunakan panel peraga yang jumlahnya terbatas, sehingga kegiatan praktikum tidak maksimal, penguasaan pemahaman pada panel menurun karena tidak semua siswa dapat berlatih dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang, membuat, dan menguji perangkat lunak berupa media pembelajaran interaktif sistem penerangan luar mobil kompetensi memperbaiki sistem kelistrikan pengaman dan kelengkapan tambahan menggunakan flash animation untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation ) yaitu penelitian untuk menghasilkan produk dan menguji keefektifan produk. Populasi dan Sampel penelitian adalah siswa-siswi SMK dengan kelompok siswa-siswi kelas XI SMK N 3 Semarang.Karena penelitian hanya satu kelas maka yang diambil adalah seluruh populasinya. Dalam penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan kuesioner (angket). Fungsi Media Pembelajaran Interaktif penerangan luar dalam pembelajaran sistem penerangan sangat erat hubungannya dengan peningkatan minat belajar siswa. diantaranya adalah (1) Materi Kelistrikan yang memuat dasar-dasar kelistrikan dan simbol-simbolnya (2) Media pembelajaran interaktif Flash Animasi materi dan panel wiring penerangan untuk menjelaskan materi secara visual, sehingga siswa lebih menguasai materi pelajaran yang disampaikan guru, (3) Interaksi siswa dan guru akan lebih baik, dan (4) Mendorong siswa untuk aktif. Hasil validasi pakar ahli media bernilai 73,54% (Baik), pakar ahli materi bernilai 85,91% (Sangat Baik), guru pengampu bernilai 90,01% (Sangat Baik), dan tanggapan serta sikap siswa bernilai 84,45% (Sangat Baik) dengan hasil motivasi belajar 84,43% dan mengalami peningkatan 19,73%. Dari hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif ini sudah efektif dan sudah memenuhi kriteria pembelajaran sesuai dengan prosedur pembuatan dan pengembangan media serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Media pembelajaran interaktif ini sebaiknya digunakan sebagai Pengantar mata pelajaran kompetensi sistem penerangan luar mobil pada stand wiring penerangan luar mobil, Perlu diadakan penelitian lanjutan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Oct 2013 10:38
Last Modified: 28 Oct 2013 10:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17996

Actions (login required)

View Item View Item