KEEFEKTIFAN STRATEGI PRACTICE-REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DEBONG TENGAH 1 DAN 3 KOTA TEGAL


Imamudin, 1401409353 (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI PRACTICE-REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DEBONG TENGAH 1 DAN 3 KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN STRATEGI PRACTICE-REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DEBONG TENGAH 1 DAN 3 KOTA TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN STRATEGI PRACTICE-REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DEBONG TENGAH 1 DAN 3 KOTA TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA harus dilaksanakan dengan strategi tertentu disesuaikan dengan karakteristik materi, kebutuhan, dan latar belakang siswa. Penerapan strategi pembelajaran perlu dilakukan secara bervariasi agar siswa tidak jenuh selama pembelajaran. Namun kenyataannya, banyak guru mengajarkan IPA dengan strategi konvensional. Guru umumnya melakukan ceramah, tanya jawab, penugasan, dan praktek yang belum menyeluruh pada siswa di kelas. Penerapan strategi Practice- Rehearsal Pairs memberi inovasi dan variasi dalam pembelajaran, sehingga keaktifan dan hasil belajar siswa akan maksimal. Tujuan penelitian yaitu mengetahui perbedaan hasil belajar siswa, antara penerapan strategi Practice-Rehearsal Pairs dengan penerapan strategi pembelajaran konvensional pada materi sifat-sifat cahaya. Desain eksperimen dalam penelitian adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri Debong Tengah 1 dan 3 Kota Tegal yang berjumlah 72 siswa, 44 siswa SD Negeri Debong tengah 1 dan 28 siswa SD Negeri Debong Tengah 3, dengan 38 sampel kelas V SD Negeri Debong Tengah 1 dan 24 sampel kelas V SD Negeri Debong Tengah 3. Analisis statistik menggunakan korelasi product moment untuk uji validitas dan Cronbach’s Alpha untuk uji reliabilitas instrumen. Metode Lilliefors untuk menguji normalitas data, dan uji U Mann Whitney untuk uji hipotesis. Penghitungan statistik menggunakan program SPSS versi 17. Nilai rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 66,52 dan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 77,16. Hasil uji hipotesis dengan penghitungan uji U Mann Whitney menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,016, nilai ini lebih kecil dari taraf sigifikansi yang ditentukan, yaitu 0,05 (0,016 < 0,05). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penghitungan tersebut menunjukkan perbedaan hasil belajar signifikan antara kelas kontrol dengan menerapkan strategi pembelajaran konvensional dibandingkan kelas eksperimen dengan menerapkan strategi Practice-Rehearsal Pairs. Nilai rata-rata kelas menunjukkan nilai pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, sehingga bisa dikatakan hasil belajar kelas eksperimen dengan menerapkan strategi Practice-Rehearsal Pairs lebih baik daripada kelas kontrol dengan strategi pembelajaran konvensional. Dari hasil penelitian ini, peneliti memberi saran kepada guru untuk menerapkan strategi Practice-Rehearsal Pairs dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Practice-Rehearsal Pairs dan hasil belajar sifat-sifat cahaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 10:42
Last Modified: 22 May 2014 10:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17993

Actions (login required)

View Item View Item