KEEFEKTIFAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI KARYA RANCANGAN SENDIRI DI SD NEGERI PESAREAN 01 KABUPATEN TEGAL


Muhamad Ali Jinnah, 1401409349 (2013) KEEFEKTIFAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI KARYA RANCANGAN SENDIRI DI SD NEGERI PESAREAN 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI KARYA RANCANGAN SENDIRI DI SD NEGERI PESAREAN 01 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATERI KARYA RANCANGAN SENDIRI DI SD NEGERI PESAREAN 01 KABUPATEN TEGAL)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang menunjang keberhasilan proses belajar mengajar yaitu pemilihan strategi pembelajaran. Pemilihan strategi pembelajaran bertujuan untuk membantu siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran. Pada kenyataan di lapangan guru hanya menerapkan strategi ekspositori pada setiap pembelajaran termasuk pada mapel Seni Budaya dan Keterampilan. Strategi ekspositori menjadikan siswa sebagai objek bukan subjek pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Strategi Practice Rehearsal Pairs dapat dijadikan strategi alternatif untuk mendorong siswa aktif dan belajar bekerjasama dengan pasangannya. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan strategi PRP terhadap hasil belajar siswa antara kelas yang mendapatkan perlakuan penerapan strategi PRP dengan kelas yang menerapkan Strategi ekspositori pada materi Karya Rancangan Sendiri di kelas IV. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pesarean 01 Kabupaten Tegal tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 55 orang siswa yang terbagi menjadi dua kelas, yaitu kelas IVA dan IVB. Sementara itu sampel penelitian diambil dari kelas IVA sebagai sampel eksperimen dan kelas IVB sebagai sampel kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data penelitian yaitu uji prasyarat analisis meliputi normalitas dan homogenitas, dan analisis akhir. Hasil uji hipotesis hasil belajar siswa dengan perhitungan menggunakan rumus independent sample t test melalui program SPSS versi 20 menunjukkan bahwa, thitung sebesar 3,560 dan ttabel sebesar 2,013. Mengacu pada ketentuan pengambilan keputusan uji hipotesis hasil perbandingan 3,560>2,013 (thitung > ttabel), maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan materi karya rancangan sendiri dengan penerapan strategi Practice Rehearsal Pairs lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar siswa yang menerapkan strategi Ekspositori.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Keefektifan, Strategi Practice Rehearsal Pairs.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 10:41
Last Modified: 22 May 2014 10:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17990

Actions (login required)

View Item View Item