PERANGKAT PENGUKUR TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI JURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Arta Efy Setiawan, 5201408110 (2013) PERANGKAT PENGUKUR TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI JURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PERANGKAT PENGUKUR TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI JURUSAN TEKNIK MESIN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
Download (3293Kb)

    Abstract

    Evaluasi proses pembelajaran merupakan komponen penting dalam mengukur kualitas pembelajaran. Sistem evaluasi pembelajaran dilakukan dengan mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap sistem pembelajaran yang telah diterima. Melihat pentingnya pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa terhadap evaluasi pelaksanaan sistem pendidikan dan pembelajaran, dibutuhkan suatu wadah pengukuran tingkat kepuasan mahasiswa. Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang belum memiliki suatu perangkat untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran yang dikemas dalam bentuk web, sehingga dibutuhkan pengembangan Perangkat Pengukur Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Proses Pembelajaran yang dikemas dalam bentuk web. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan perangkat pengkur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran yang dikemas dalam bentuk aplikasi berbasis web, 2) menghasilkan perangkat pengkur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran yang dikemas dalam bentuk aplikasi berbasis web, 3) menguji perangkat pengkur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran yang dikemas dalam bentuk aplikasi berbasis web. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan pendidikan (Educational Research and Development) dengan model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Perangkat telah divalidasi oleh dua orang ahli dengan hasil penilaian 83,33 % yang berarti sangat baik. Uji coba lapangan terhadap 20 mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang didapatkan hasil bahwa perangkat baik dengan presentase 79,5%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa perangkat pengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran yang berbasis web layak digunakan. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan perangkat pengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran yang berbasis web dapat mempermudah Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang dalam melakukan evalusai system pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: perangkat, kepuasan mahasiswa, proses pembelajaran.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    T Technology > TP Chemical technology
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
    Depositing User: bukhomirah perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 06:41
    Last Modified: 22 May 2014 06:41

    Actions (login required)

    View Item