Gaya Hidup Gamers Game Online Zynga Poker Sebagai Produk Hyperealitas Dunia Maya ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang )


Ilman Hakim, 3501407071 (2013) Gaya Hidup Gamers Game Online Zynga Poker Sebagai Produk Hyperealitas Dunia Maya ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang ). Under Graduates thesis, Univarsitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Gaya Hidup Gamers Game Online Zynga Poker Sebagai Produk Hyperealitas Dunia Maya ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang )]
Preview
PDF (Gaya Hidup Gamers Game Online Zynga Poker Sebagai Produk Hyperealitas Dunia Maya ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang ))
Download (1MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa Unnes seringkali memanfaatka fasilitas internet dan mesin pencarian di internet tidak untuk mengakses tentang persoalan ilmu pengetahuan saja akan tetapi menggunakanya untuk bermain game online atau pemuasan hasrat lain bahkan menyebabkan kecanduan. Perumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana hyperealitas dalam game online zynga poker sebagai produk budaya populer (2) Bagaimana gaya hidup gamers yang bermain game online zynga poker dikalangan mahasiswa Unnes. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan bentuk game online zynga poker (2) Mendeskripsikan hyperealitas dalam game online zynga poker sebagai produk budaya poppuler (3) Mendeskripsikan gaya hidup gamers game online zynga poker dikalangan mahasiswa Unnes. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 4 mahasiswa Unnes dari 4 jurusan yang dapat memenuhi kebutuhan data. Informan 3 mahasiswa teman satu kontrakan mahasiwa Unnes gamers game online Zynga poker. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan wawancara. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengggunakan kosep hyperealitas dan gaya hidup untuk alat analisa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Game online Zynga Poker merupakan realitas buatan yang tampil sebagai realitas baru, realitas yang lebih mengutamakan daya tarik secara simulasi. Sehingga kehidupan di dunia nyata menjadi berkurang realitasnya dengan hadirnya alternatif baru yang lebih mudah diakses dan murah tanpa mengkhawatirkan hukum dan stigma norma yang berlaku pada permainan kartu dan judi yang begitu negativ di masyarakat Indonesia yang konon masih kental dengan adat ketimuranya. Simpulan dari penelitian dan pembahasan, bahwa mahasiswa gamers game online Zynga Poker terpengaruh hyperealitas. Para gamers telah teradiksi menjaga eksistensinya di dalam ruang game online Zynga Poker dan dampak tersebut lebih kepada gaya hidup. Saran yang diajukan untuk Mahasiswa gamers game online Zynga poker agar memperkuat internalisasi nilai-nilai sosial secara langsung, dan tidak mengkonsumsi game secara berlebihan. Saran tersebut disampaikan secara langsung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup, Game online Zynga poker, Hyperealitas
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Users 22789 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 10:48
Last Modified: 22 May 2014 10:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17968

Actions (login required)

View Item View Item