PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI SRIDADI 04 KABUPATEN BREBES


Dewi Listiawati, 1402408057 (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI SRIDADI 04 KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI SRIDADI 04 KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SUMBER DAYA ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI SRIDADI 04 KABUPATEN BREBES)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IV SD Sridadi 04 Kabupaten Brebes tahun ajaran 2010/2011 pada mata pelajaran IPA materi Sumber Daya Alam masih rendah. Hal ini disebabkan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Penggunaan metode ceramah yang dilakukan guru, belum mampu menumbuhkan keaktifan siswa dan mereka malas dalam mengikuti pembelajaran. Kondisi pembelajaran yang demikian, memerlukan perubahan model pembelajaran yang dilakukan guru agar mampu meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar ke arah yang lebih baik. Penulis melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk materi tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Sridadi 04 , serta performasi guru dalam pembelajaran IPA. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Sridadi 04 Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 46 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengumpulan data dilakukan melalui tes dan pengamatan aktivitas belajar siswa serta performansi guru saat pembelajaran berlangsung. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu rata-rata nilai hasil belajar siswa ≥ 62, dengan persentase ketuntasan minimal 70%, keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran minimal 70%, dan skor performansi guru minimal B (≥ 75). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil belajar siswa meningkat (siklus I rata-rata kelas 74,46, persentase ketuntasan belajar klasikal 73,91%, dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas mencapai 84,46, persentase ketuntasan klasikal belajar mencapai 95,65%). (2) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan (siklus I 71,33%, dan meningkat pada siklus II yaitu mencapai 83,38%). (3) performansi guru juga mengalami peningkatan (nilai performansi guru pada siklus I yaitu 81,75, dan meningkat pada siklus II yaitu mencapai 88,63). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pembelajaran sumber daya alam setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Sehingga disarankan kepada guru untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD dalam pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 17:51
Last Modified: 22 May 2014 17:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17957

Actions (login required)

View Item View Item