PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENYIMAK CERITA RAKYAT MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 PANICAN KABUPATEN PURBALINGGA

AujiHalawatiZulfah, 1401409341 (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENYIMAK CERITA RAKYAT MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 PANICAN KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENYIMAK CERITA RAKYAT MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 PANICAN KABUPATEN PURBALINGGA)
Download (1396Kb)

    Abstract

    Keterampilan menyimak berperan penting dalam usaha mempelajari banyak hal terutama di dunia pendidikan. Menyimak merupakan dasar bagi beberapa keterampilan berbahasa yang lain, yaitu: berbicara, membaca, dan menulis. Mengingat pentingnya keterampilan menyimak, maka keterampilan tersebut harus dibelajarkan sejak dini dalam pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Hal ini perlu dilakukan sebagai landasan untuk jenjang pendidikan selanjutnya. Keterampilan menyimak di kelas V SD Negeri 01 Panican mendapat nilai kurang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar dan performansi guru dalam pembelajaran menyimak cerita rakyat di kelas V SD Negeri 01 Panican. Tujuan penelitian ini meningkatkan kemampuan menyimak cerita rakyat pada siswa kelas V SD Negeri 01 Panican dengan menggunakan media audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri 01 Panican Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalinggga yang dilaksanakan dengan dua siklus. Tiap-tiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Nilai performansi guru pada siklus I sebesar 82.21, meningkat pada siklus II menjadi 88.66. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Nilai ratarata prasiklus adalah 67, 2. 2) Nilai rata-rata pre test adalah 63,03. 3) Nilai ratarata siklus I adalah 73,63. 4) Nilai rata-rata siklus II adalah 91,5. Nilai rata-rata siklus I mengalami peningkatan padasiklus II. Peningkatan hasil belajar tersebut karena menggunakan media audio visual. 5) Dampak penggunaan media audio visual dalam pembelajaran dapat meningkatkan perhatian, antusias dan keaktifan siswa. Dari hasil penelitian tersebut, simpulan yang dapat diambil adalah pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran di kelas V SD Negeri 01 Panican Kabupeten Purbalingga, yang ditunjukkan dengan: meningkatnya perolehan hasil belajar siswa, dan aktivitas guru dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil belajar siswa dari penggunaan media audio visual lebih baik dari pada penerapan model pembelajaran konvensional, sehingga guru perlu mempertimbangkan penggunaan media audio visual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Menyimak cerita rakyat dan media audio visual
    Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: radiya upt perpust
    Date Deposited: 22 May 2014 06:50
    Last Modified: 22 May 2014 06:50

    Actions (login required)

    View Item