PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI DENGAN MODEL THINK-TALK-WRITE (TTW) BERBANTUAN TEKS WAWANCARA TOKOH BERTEMA LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 4 KUDUS


Wida Budhi Kurnia , 2101408086 (2013) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI DENGAN MODEL THINK-TALK-WRITE (TTW) BERBANTUAN TEKS WAWANCARA TOKOH BERTEMA LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 4 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI DENGAN MODEL THINK-TALK-WRITE (TTW) BERBANTUAN TEKS WAWANCARA TOKOH BERTEMA LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 4 KUDUS]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI DENGAN MODEL THINK-TALK-WRITE (TTW) BERBANTUAN TEKS WAWANCARA TOKOH BERTEMA LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 4 KUDUS)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis paragraf argumentasi pada siswa SMP 4 Kudus masih rendah. Hal ini disebabkan minat siswa sangat rendah. Siswa menganggap bahwa menulis paragraf argumentasi membosankan dan sulit. Faktor lain yang mempengaruhi rendahnya keterampilan menulis paragraf argumentasi adalah guru masih menggunakan model pembelajaran tradisional. Pembelajaran yang digunakan oleh guru lebih menekankan pada guru sebagai subjek pembelajaran, sedangkan siswa sebagai objek pembelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan model think-talk-write melalui media teks wawancara tokoh?, (2) bagaimana peningkatan keterampilan menulis paragraf argumentasi pada siswa kelas VII-A SMP N 4 Kudus setelah diberi pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan model think – talk - write melalui media teks wawancara tokoh?, dan (3) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VII-A SMP N 4 Kudus setelah dilaksanakan pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan model think-talk-write melalui media teks wawancara tokoh? Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf argumentasi dengan model think-talk-write melalui media teks wawancara tokoh pada siswa kelas VII-A SMP 4 Kudus. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel keterampilan menulis paragraf argumentasi dan variable model pembelajaran think-talk-write melalui teks wawancara tokoh. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa produk menulis paragraf argumentasi. Hasil nontes berupa hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Proses pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan model think-talk-write melalui media teks wawancara tokoh melalui beberapa tahapan, yaitu pendahuluan, inti, dan penutup. Pada tahap pendahuluan, peneliti melakukan apersepsi. Tahap inti yaitu proses pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan model pembelajaran think-talk-write melalui media teks wawancara tokoh. Selanjutnya tahap penutup yaitu guru bersama siswa mengambil simpulan pembelajaran hari itu. Guru bersama siswa melakukan refleksi terhadap pembelajaran menulis paragraf argumentasi dengan model think-talk-write

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: menulis paragraf argumentasi, model think-talk-write, media teks wawancara tokoh.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 22783 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 10:53
Last Modified: 22 May 2014 10:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17939

Actions (login required)

View Item View Item