MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KEAGAMAAN ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK B TK SARASWATI IV BATANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Rizkiani Octavia , 1601910011 (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KEAGAMAAN ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK B TK SARASWATI IV BATANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KEAGAMAAN ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK B TK SARASWATI IV BATANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KEAGAMAAN ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK B TK SARASWATI IV BATANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (820kB) | Preview

Abstract

Anak merupakan investasi yang sangat penting bagi penyiapan sumber daya manusia (SDM) dimasa depan. Dalam rangka mempersiapakan SDM yang berkualitas untuk masa depan, pendidikan merupakan salah satu hal yang penting untuk diberikan sejak usia dini. Salah satu strategi yang dapat digunakan pendidik untuk menanamkan nilai tersebut adalah dengan bermain peran tentang keagamaan Islam. Oleh karena itu, guru harus memilih kegiatan yaitu dengan kegiatan bermain peran praktik shalat untuk meningkatkan hasil belajar. Kurangnya pembiasaan pembelajaran agama Islam sehingga hanya beberapa anak yang menerapkan pembelajaran agama Islam di TK Saraswati IV Batang. Berdasarkan kondisi tersebut rumusan masalah yang dipaparkan dalam penulisan ini yaitu: Bagaimanakah cara meningkatkan hasil belajar tentang materi keagamaan Islam di TK Saraswati IV Batang? Kendala apa yang dihadapi guru dalam menerapkan metode bermain peran terhadap peningkatan hasil belajar keagamaan Islam di TK Saraswati IV Batang? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sumber data adalah anak-anak kelompok B di TK Saraswati IV Batang. Melalui metode bermain peran menggunakan media audio visual (vcd) sebagai sumber belajar terbukti mampu meningkatkan hasil belajar anak, yaitu terlihat dari lembar data hasil pengamatan pada saat kegitan shalat berlangsung. Pada siklus I diperoleh hasil 68% peningkatan hasil belajar melalui metode bermain peran menggunakan media gambar dan pada siklus II diperoleh hasil 80% peningkatan hasil belajar melalui metode bermain peran menggunakan media audio visual (vcd), dengan hasil tersebut menujukkan bahwa penelitian ini berhasil karena melebihi target indikator penelitian sebesar 75%. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa dengan metode bermain peran menggunakan media gambar belum berhasil, dan pada siklus II peneliti melakukan dengan metode bermain peran menggunakan media audio visual (vcd) kegiatan shalat sebagai sumber belajar dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan hasil belajar anak, untuk itu disarankan pada semua guru dapat memberikan kegiatan shalat yang menarik dan menyenangkan anak, selain itu guru juga harus mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang nyaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bermain Peran, Pembelajaran Keagamaan Islam, dan Hasil belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 22783 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 10:55
Last Modified: 22 May 2014 10:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17936

Actions (login required)

View Item View Item