PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI BUMI PADA SISWA KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI JATILABA 01 KABUPATEN TEGAL


Nur Indah, 1401409332 (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI BUMI PADA SISWA KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI JATILABA 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI BUMI PADA SISWA KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI JATILABA 01 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI BUMI PADA SISWA KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI JATILABA 01 KABUPATEN TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran IPA siswa kelas VA SD Negeri Jatilaba 01 kecamatan Margasari kabupaten Tegal masih cenderung memaksimalkan peran guru dari pada melibatkan siswa. Hal ini mengakibatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa belum maksimal. Oleh sebab itu perlu dilakukan tindakan untuk memecahkan permasalahan agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta performansi guru yaitu dengan menerapkan model pembelajaran teams games tournament (TGT) untuk membelajarkan materi Bumi pada siswa kelas VA SD SD Negeri Jatilaba 01 kecamatan Margasari kabupaten Tegal. Dalam pelaksanannya menggunakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTK Kolaboratif) yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan dan pengamatan, serta tahap refleksi. Hasil penelitian berupa hasil tes dan non tes. Data hasil tes merupakan data hasil perolehan pre test, tes formatif, dan post test. Sedangkan data hasil non tes merupakan data hasil perolehan lembar pengamatan aktivitas siswa, dan pengamatan performansi guru. Nilai rata-rata kelas saat pelaksanaan pre test mencapai 45 meningkat menjadi 80 pada saat post test, dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari 3,85% menjadi 84,62%. Selain itu, nilai rata-rata kelas pada siklus I mencapai 76,15 meningkat pada siklus II menjadi 80,38 dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari 76,92% menjadi 80,77%. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran pada siklus I yang mencapai 72,8% meningkat pada siklus II menjadi 81,54% dan telah mencapai kriteria aktivitas belajar yang sangat tinggi. Perolehan nilai performansi guru melalui APKG 1, 2 telah memenuhi syarat lulus dengan perolehan nilai akhir pada siklus I yang mencapai 82,79 meningkat pada siklus II menjadi 88,98. Dari penelitian ini, diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran TGT, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil siswa belajar serta performansi guru kelas VA SD Negeri Jatilaba 01 kecamatan Margasari kabupaten Tegal tahun pelajaran 2013/2014 pada materi Bumi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar bumi dan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 10:54
Last Modified: 22 May 2014 10:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17934

Actions (login required)

View Item View Item