PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ENERGI DAN PENGGUNAANNYA SISWA KELAS IVB SEKOLAH DASAR NEGERI JATILABA 01 KABUPATEN TEGAL

Arista Dwi Lestari, 1401409331 (2013) PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ENERGI DAN PENGGUNAANNYA SISWA KELAS IVB SEKOLAH DASAR NEGERI JATILABA 01 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ENERGI DAN PENGGUNAANNYA SISWA KELAS IVB SEKOLAH DASAR NEGERI JATILABA 01 KABUPATEN TEGAL)
Download (1770Kb)

    Abstract

    Proses pembelajaran IPA di SD seharusnya berlangsung aktif, efektif, dan menyenangkan sesuai dengan karakteristik siswa. Namun kenyataannya, proses pembelajaran IPA yang aktif, efektif, dan menyenangkan belum terlaksana di SD Negeri Jatilaba 01 Kabupaten Tegal, khususnya di kelas IVB. Pembelajaran IPA di kelas tersebut masih bersifat satu arah, yakni mengandalkan guru sebagai satusatunya sumber belajar utama di kelas. Hal tersebut mengakibatkan proses pembelajaran IPA di kelas IVB cenderung pasif dan berdampak hasil belajar siswa yang belum optimal khususnya pada materi energi dan penggunaannya. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis menerapkan metode pembelajaran aktif Index Card Match dalam pembelajaran IPA dengan harapan proses pembelajaran IPA di kelas IVB dapat berlangsung aktif, efektif, dan menyenangkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan performansi guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa di kelas IVB SD Negeri Jatilaba 01 Kabupaten Tegal dalam pembelajaran IPA materi energi dan penggunaannya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan alokasi waktu setiap pertemuannya adalah 2 x 35 menit (2 jam pelajaran) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumen. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II. Siklus I diperoleh nilai performansi guru sebesar 81,13 (kriteria AB) meningkat pada siklus II menjadi 86,96 (kriteria A). Sedangkan perolehan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 71,98% (kriteria tinggi) meningkat pada siklus II menjadi 83,41% (kriteria sangat tinggi). Selain itu, ratarata kelas pada siklus I sebesar 74,25 meningkat pada siklus II menjadi 82,38 dengan peningkatan ketuntasan belajar klasikal dari 75% menjadi 95,24%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan performansi guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA materi energi dan penggunaannya pada siswa kelas IVB SD Negeri Jatilaba 01 Kabupaten Tegal. Oleh karena itu, guru disarankan untuk menerapkan metode Index Card Match dalam pembelajaran IPA atau pelajaran lain.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: IPA, metode index card match, aktivitas belajar, hasil belajar energi
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: radiya upt perpust
    Date Deposited: 22 May 2014 06:55
    Last Modified: 22 May 2014 06:55

    Actions (login required)

    View Item