KEEFEKTIFAN METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA PELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sambungrejo Grabag Magelang)


Siti Nurmawati , 1550408061 (2013) KEEFEKTIFAN METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA PELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sambungrejo Grabag Magelang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA PELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sambungrejo Grabag Magelang)]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN METODE COOPERATIVE LEARNING TEKNIK STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA PELAJARAN IPS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sambungrejo Grabag Magelang))
Download (2MB) | Preview

Abstract

Usia sekolah dasar termasuk dalam tahap akhir masa kanak-kanak. Pada usia ini anak diharapkan memperoleh dasar-dasar pengetahuan yang dianggap penting untuk keberhasilan penyesuaian diri pada kehidupan dewasa dan mempelajari berbagi keterampilan penting tertentu. Tetapi kenyataan yang ada, masih juga dijumpai anak yang melakukan tindakan kekerasan kepada orang terdekat seperti teman maupun orang tua. Temuan dilapangan juga menunjukkan bahwa masih banyak anak yang sering menjahili temannya, berbicara yang kurang sopan, berbuat kecurangan dan juga kurang pedulinya siswa terhadap lingkungan. Oleh sebab itu pengembangan keterampilan sosial diperlukan untuk menunjang keberhasilan siswa, Pengembangan keterampilan sosial dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya menggunakan metode cooperative learning teknik STAD. Alasan penggunaan metode ini karena keduanya saling berhubungan, hal ini terlihat dari tujuan dan manfaat cooperative learning teknik STAD yang salah satunya yaitu mengembangkan keterampilan sosial. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen kuasi dengan desain one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari kelompok eksperimen. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampling jenuh. Data diperoleh dari observasi dengan alat observasi berupa rating scale yang dilakukan oleh tiga orang observer pada saat pretest maupun pottest. Perlakuan dengan metode cooperative learning teknik STAD dilakukan sebanyak 12 kali perlakuan. Analisis data menggunakan uji t berpasangan (paired samples test) menunjukkan adanya perbedaan keterampilan sosial sebelum pemberian metode metode cooperative learning teknik STAD dan sesudah pemberian, hal ini ditandai dengan diperolehnya nilai p 0,00 (< 0,05), dengan mean pada pretest 35,91 dan mean pada posttest 67,36. Skor yang diperoleh diatas membuktikan bahwa metode cooperatif learning teknik STAD dapat meningkatkan Keterampilan Sosial siswa kelas IV di SD Negeri Sambungrejo, Grabag, Magelang

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: cooperative learning teknik STAD, keterampilan sosial, siswa kelas IV
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Users 22783 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 10:55
Last Modified: 22 May 2014 10:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17924

Actions (login required)

View Item View Item