PENGARUH DISIPLIN KERJA, LINGKUNGAN KERJA, DAN KUALITAS KEHIDUPAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN RSUD Dr. M. ASHARI PEMALANG

Mahardikawanto , 7311409036 (2013) PENGARUH DISIPLIN KERJA, LINGKUNGAN KERJA, DAN KUALITAS KEHIDUPAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN RSUD Dr. M. ASHARI PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH DISIPLIN KERJA, LINGKUNGAN KERJA, DAN KUALITAS KEHIDUPAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN RSUD Dr. M. ASHARI PEMALANG)
Download (2837Kb)

    Abstract

    Kinerja yang optimal merupakan syarat mutlak terpenuhinya tujuan organisasi. Melalui peningkatan disiplin kerja, lingkungan kerja, dan kualitas kehidupan kerja diharapkan kinerja yang dihasilkan dapat lebih optimal. Hasil observasi pada RSUD Dr. M. Ashari Pemalang menunjukkan rata-rata tingkat absensi karyawan pada tahun 2012 selama 4 bulan terakhir mengalami fluktuatif. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini yakni adakah pengaruh secara parsial disiplin kerja terhadap kinerja karyawan, adakah pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan, adakah pengaruh kualitas kehidupan kerja terhadap kinerja karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja karyawan, pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan, dan pengaruh kualitas kehidupan kerja terhadap kinerja karyawan. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan RSUD Dr. M. Ashari Pemalang yang berjumlah 563 orang dengan sampel sejumlah 100 orang menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner, metode analisis yaitu uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda secara parsial menggunakan SPSS for Windows versi 19. Hasil penelitian menunjukkanbahwa variabel disiplin kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan,variabel lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan, dan variabel kualitas kehidupan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan. Simpulan dalam penelitian ini adalah peningkatan kinerja karyawan dapat dicapai melalui peningkatan disiplin kerja, lingkungan kerja, dan kualitas kehidupan kerja. Saran bagi RSUD Dr. M. Ashari Pemalang adalah dengan adanya pembenahan pendisiplinan, penyediaan fasilitas kerja yang lengkap meskipun tidak baru, serta perlu adanya perencanaan yang lebih sistematis dalam pemberian sistem imbalan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja, Kualitas Kehidupan Kerja, dan Kinerja Karyawan.
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
    Depositing User: paktris perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 06:57
    Last Modified: 22 May 2014 06:57

    Actions (login required)

    View Item