PERBEDAAN KEBERADAAN JENTIK Aedes aegypti BERDASARKAN KARAKTERISTIK KONTAINER DI DAERAH ENDEMIS DEMAM BERDARAH DENGUE (STUDI KASUS DI KELURAHAN BANGETAYU WETAN KOTA SEMARANG TAHUN 2013)


EKA DEVIA AYUNINGTYAS, 6411409122 (2013) PERBEDAAN KEBERADAAN JENTIK Aedes aegypti BERDASARKAN KARAKTERISTIK KONTAINER DI DAERAH ENDEMIS DEMAM BERDARAH DENGUE (STUDI KASUS DI KELURAHAN BANGETAYU WETAN KOTA SEMARANG TAHUN 2013). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN KEBERADAAN JENTIK Aedes aegypti BERDASARKAN KARAKTERISTIK KONTAINER DI DAERAH ENDEMIS DEMAM BERDARAH DENGUE (STUDI KASUS DI KELURAHAN BANGETAYU WETAN KOTA SEMARANG TAHUN 2013)]
Preview
PDF (PERBEDAAN KEBERADAAN JENTIK Aedes aegypti BERDASARKAN KARAKTERISTIK KONTAINER DI DAERAH ENDEMIS DEMAM BERDARAH DENGUE (STUDI KASUS DI KELURAHAN BANGETAYU WETAN KOTA SEMARANG TAHUN 2013)) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kota Semarang merupakan daerah endemis DBD dengan jumlah kasus teringgi di Jawa Tengah. Kelurahan Bangetayu Wetan tercatat memiliki kasus DBD terbanyak tahun 2012 dengan IR 361,73/100.000 penduduk dan CFR 3,2%. Kontainer adalah Tempat Penampungan Air (TPA) atau bejana yang dapat menjadi tempat berkembangbiak nyamuk Aedes aegypti. Hasil penelitian yang telah dilakukan sebelumnya mengenai karakteristik kontainer menunjukkan hasil kontradiktif.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan keberadaan jentik Aedes aegypti berdasarkan karakteristik kontainer di daerah endemis Demam Berdarah Dengue yang meliputi bahan dasar, letak, volume, keberadaan penutup, kondisi air dan sumber air kontainer. Jenis penelitian ini adalah comparative research dengan pendekatan cross sectional. Metode yang digunagan single larvae terhadap 55 rumah yang ada di Kelurahan Bangetayu Wetan melalui observasi dan wawancara langsung ke responden, kemudian dilakukan identifikasi jentik. Hasil penelitian ini diperoleh ada perbedaan keberadaan jentik berdasarkan bahan dasar kontainer (p = 0,004), volume kontainer (p = 0,039) dan kondisi air kontainer (p = 0,039). Sementara tidak ada perbedaan keberadaan jentik berdasarkan letak kontainer (p = 0,727), keberadaan penutup kontainer (p = 0,216) dan sumber air kontainer (p = 0,384). Disarankan kepada Dinas Kesehatan dan Puskesmas terkait untuk meningkatkan kegiatan penyuluhan dan motivasi tentang PSN DBD melalui jalur komunikasi dan informasi yang tepat. Kepada masyarakat untuk memperhatikan kondisi kontainer dan meningkatkan PSN DBD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jentik Aedes aegypti, Karakteristik kontainer, Endemis Demam Berdarah Dengue
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 10:57
Last Modified: 22 May 2014 10:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17922

Actions (login required)

View Item View Item