PENGGUNAAN MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PERBAIKAN SISTEM PENERANGAN


Imamul Huda, 5201408019 (2013) PENGGUNAAN MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PERBAIKAN SISTEM PENERANGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PERBAIKAN SISTEM PENERANGAN]
Preview
PDF (PENGGUNAAN MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PERBAIKAN SISTEM PENERANGAN)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam skripsi ini adalah tentang Penggunaan Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Perbaikan Sistem Penerangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang memanfaatkan dan tanpa memanfaatkan model pembelajaran group investigation serta efek pemanfaatan model ini terhadap hasil belajar kompetensi perbaikan sistem penerangan siswa kelas XII SMK Muhammadiyah 2 Boja. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen jenis control group pre testpost test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII TKR SMK Muhammadiyah 2 Boja yang terbagi dalam empat kelas yaitu XIITKR1, XIITKR2, XIITKR3 dan XIITKR4. Penelitian yang dilakukan hanya dua kelas yang diambil secara acak dan didapat siswa kelas XIITKR4 sejumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XIITKR 2 sejumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data mendapatkan bahwa hasil belajar materi perbaikan system penerangan sebelum menggunakan model group investigation dan setelah menggunakan model group investigation terdapat perbedaan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya hasil belajar siswa yang tanpa menggunakan model group investigation sebesar 78% dan hasil belajar siswa yang menggunakan model group investigation sebesar 86%, sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh penggunaan model group investigation terhadap hasil belajar kompetensi perbaikan sistem penerangan. Penggunaan model group investigation sebaiknya tetap dilaksanakan oleh guru di dalam kegiatan pembelajaran, karena telah terbukti dapat meningkatkan kreatifitas siswa sekaligus meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model group investigation, perbaikan sistem penerangan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 10:57
Last Modified: 22 May 2014 10:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17918

Actions (login required)

View Item View Item