KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PECAHAN PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI LANGGEN KABUPATEN TEGAL


Nur Amanatun Maulana, 1401409328 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PECAHAN PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI LANGGEN KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PECAHAN PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI LANGGEN KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PECAHAN PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI LANGGEN KABUPATEN TEGAL)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran matematika memiliki ciri khusus yaitu abstrak. Sehingga, banyak siswa mengalami kesulitan terutama pada materi yang berkaitan dengan pemecahan masalah yang biasanya dituangkan dalam bentuk soal cerita. Dalam hal ini, siswa mengalami kendala untuk memahami maksud atau isi dari soal cerita yang diberikan. Model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika yang berkaitan dengan pemecahan masalah yaitu model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition. Tujuan penelitian ini yaitu menguji keefektifan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap motivasi dan hasil belajar pecahan pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Langgen Kabupaten Tegal. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design yang diadopsi dari True Eksperimental Design dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan IVB SD Negeri Langgen dan siswa kelas IVA dan IVB SD Negeri pesayangan 01 Kabupaten Tegal tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan simple random sampling (sampel acak sederhana). Pengambilan sampel menggunakan teknik ini menghasilkan kelas IVA SD Negeri Langgen sebagai kelas eksperimen, kelas IVB SD Negeri Langgen sebagai kelas kontrol, sementara kelas IVA dan IVB SD Negeri Pesayangan 01 sebagai kelas uji coba soal. Setelah dilakukan perhitungan, menggunakan tabel krecjie diketahui sampel yang berasal dari kelas IVA SD Negeri Langgen sebanyak 25 siswa dan kelas IVB SD Negeri Langgen sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, angket, dan tes. Teknik analisis data meliputi normalitas, homogenitas, dan analisis akhir. Berdasarkan hasil penghitungan analisis statistik uji t terhadap nilai motivasi belajar siswa, diperoleh hasil thitung > ttabel (2,030 > 1,678), jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa pada materi pecahan yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition lebih baik daripada yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Sementara itu, hasil uji hipotesis untuk hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,095 > 1,678), jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi pecahan yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition lebih baik daripada yang menerapkan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran CIRC, Motivasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:02
Last Modified: 22 May 2014 11:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17910

Actions (login required)

View Item View Item