PENGEMBANGAN KOMIK BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD KELAS IV MATERI SUMBER DAYA ALAM DAN KEBENCANAAN ALAM


Riris Syafitri Widyaningtyas , 4201409099 (2013) PENGEMBANGAN KOMIK BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD KELAS IV MATERI SUMBER DAYA ALAM DAN KEBENCANAAN ALAM. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGEMBANGAN KOMIK BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD KELAS IV MATERI SUMBER DAYA ALAM DAN KEBENCANAAN ALAM]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN KOMIK BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD KELAS IV MATERI SUMBER DAYA ALAM DAN KEBENCANAAN ALAM)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Di Indonesia sering terjadi banjir dan tanah longsor akibat ulah manusia karena kekurangsadaran untuk menjaga lingkungan. Oleh sebab itu kualitas sumber daya manusia perlu ditingkatkan melalui pendidikan sejak dini. Perubahan kurikulum juga membuat guru harus lebih kreatif untuk mengembangkan perangkat pembelajaran supaya siswa dapat tertarik dengan materi sehingga hasil belajarnya dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menentukan kelayakan, keterbacaan, kepraktisan serta keefektifan komik bervisi SETS dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD kelas IV materi sumber daya alam dan kebencanaan alam. Subjek uji coba penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Gondang sebagai kelas eksperimen, dan SD Negeri 2 Gondang sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data kualitas kelayakan dengan uji validator, sedangkan untuk keterbacaan dan kepraktisan dengan uji skala terbatas. Pengambilan data hasil belajar kognitif menggunakan post test, sedangkan untuk kognitif dan afektif menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji gain ternormalisasi. Komik bervisi SETS dikembangkan dengan menyesuaikan atau memperhatikan materi pembelajaran yang akan diberikan dalam bentuk story board, kemudian divisualisasikan dalam bentuk sketsa. Dari sketsa masuk ke tahap design yaitu membuat karakter, mengatur warna, tulisan dan ukuran semua objek. Terakhir membuat balon kata pada media komik tersebut dengan Software Corel Draw pada tahap construct. Agar lebih menarik komik tersebut dijilid. Dari uji validator komik bervisi SETS mendapatkan skor 3,5 dalam kategori baik sehingga dapat digunakan untuk penelitian. Hasil uji skala terbatas diketahui ratarata tingkat keterbacaan komik yaitu 84% pada kategori tinggi, begitu pula dengan kepraktisan komik dengan nilai 4,21 pada kategori sangat baik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa hasil belajar baik kognitif, psikomotorik dan afektif mengalami peningkatan. Melalui uji gain untuk ranah kognitif didapatkan = 0,30 untuk ranah psikomotorik = 0,32 sedangkan untuk ranah afektif didapatkan = 0,31. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan komik bervisi SETS dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD kelas IV materi sumber daya alam dan kebencanaan alam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Komik, Pembelajaran Bervisi SETS, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QC Physics
Q Science > QH Natural history
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Oct 2013 10:11
Last Modified: 25 Oct 2013 10:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17909

Actions (login required)

View Item View Item