PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DUA DIMENSI BERBASIS JAVA SCRATCH MATERI TEORI KINETIK GAS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA


Ayu Putri Martanti , 4201409060 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DUA DIMENSI BERBASIS JAVA SCRATCH MATERI TEORI KINETIK GAS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DUA DIMENSI BERBASIS JAVA SCRATCH MATERI TEORI KINETIK GAS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI DUA DIMENSI BERBASIS JAVA SCRATCH MATERI TEORI KINETIK GAS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Teori kinetik gas merupakan salah satu materi dalam pelajaran fisika yang masih membutuhkan pemikiran yang abstrak. Penyampaian pelajaran fisika sampai saat ini masih menggunakan metode ceramah, sehingga siswa kurang tertarik dalam pembelajaran fisika. Sekarang ini berkembang media pembelajaran menggunakan perangkat lunak (software) Scratch yang dapat dibuat animasi fisika untuk mengajarkan konsep kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan mengembangkan program media pembelajaran dengan animasi dua dimensi berbasis Java Scratch materi teori kinetik gas serta mengetahui gambaran kemampuan dan efektifitas program sebagai alat pembelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengembangkan program media pembelajaran dengan animasi dua dimensi berbasis Java Scratch pada materi teori kinetik gas. Pengembangan media ini mengikuti model 4D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Pada penelitian pengembangan, validator yang melakukan validasi yaitu ahli materi yang melakukan validasi terhadap aspek materi, ahli media yang melakukan validasi terhadap aspek desain pembelajaran, aspek rekayasa perangkat lunak, dan aspek desain komunikasi visual. Untuk uji coba program dilakukan oleh siswa dan guru yang dilaksanakan di SMAN 1 Guntur Kabupaten Demak. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan data penyebaran angket dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pengujian oleh validator secara keseluruhan terhadap aspek substansi materi dan media pembelajaran rata-rata adalah baik. Untuk uji coba program oleh siswa secara keseluruhan cukup baik dan hasil uji coba program oleh guru secara keseluruhan adalah baik. Hasil analisis respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan program dapat diterima dengan baik oleh siswa serta tingkat ketertarikan siswa ditunjukkan oleh skor rata-rata responden yang menyatakan setuju tentang penggunaan program. Berdasarkan analisis data maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dihasilkan media pembelajaran dengan animasi dua dimensi berbasis Java Scratch untuk materi teori kinetik gas sesuai dengan aspek substansi materi, desain pembelajaran, rekayasa perangkat lunak, desain komunikasi visual, dan melalui uji coba guru serta siswa. Kedua hasil penelitian dengan program ini dapat membantu siswa untuk memahami konsep fisika yang masih abstrak dan siswa merasa tertarik dengan pembelajaran menggunakan program media pembelajaran dengan animasi dua dimensi berbasis Java Scratch.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Java Scratch, Pemahaman Konsep.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Oct 2013 10:11
Last Modified: 25 Oct 2013 10:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17908

Actions (login required)

View Item View Item