Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Langgen Kabupaten Tegal.


Imron Rosyadi, 1401409325 (2013) Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Langgen Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Langgen Kabupaten Tegal.]
Preview
PDF (Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Langgen Kabupaten Tegal.)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Selama ini pembelajaran PKn masih dilakukan guru dengan menggunakan metode ceramah yang bertujuan agar semua materi tersampaikan dalam waktu singkat. Namun, metode tersebut membuat siswa merasa bosan, pasif, dan pembelajaran tidak bermakna. Model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay merupakan model alternatif yang tepat digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan khususnya materi bentuk keputusan bersama. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa antara siswa di kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Langgen tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 48 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampel jenuh, yaitu siswa kelas VA sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VB sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi (quasi experimental design) bentuk nonequivalent control group design. Analisis data menggunakan uji Lilliefors untuk menguji normalitas data, uji Levene untuk uji homogenitas dan uji independent sample t-test untuk uji hipotesis. Semua penghitungan tersebut diolah dengan menggunakan program SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji hipotesis aktivitas belajar siswa dengan perhitungan menggunakan rumus independent sample t test menunjukkan bahwa, thitung sebesar 2,601 dan ttabel sebesar 2,013 (thitung > ttabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ada perbedaan yang signifikan aktivitas belajar PKn siswa kelas V antara yang memperoleh pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Course Review Horay dengan yang menggunakan model konvensional. Sementara itu, hasil uji hipotesis untuk hasil belajar siswa menunjukkan bahwa, thitung sebesar 2,674 dan ttabel sebesar 2,013 (thitung > ttabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn siswa kelas V antara yang memperoleh pembelajaran menggunakan model kooperatif tipe Course Review Horay dengan yang menggunakan model konvensional. Hasil dan aktivitas belajar siswa dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terbukti lebih baik dari pada penerapan pembelajaran konvensional, sehingga guru perlu mempertimbangkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay pada pelajaran PKn di SD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay , Aktivitas, dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 10:58
Last Modified: 22 May 2014 10:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17901

Actions (login required)

View Item View Item