PENGEMBANGAN MEDIA BLENDED LEARNING BERBASIS WEB ENHANCED COURSE PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR 2 JURUSAN FISIKA UNNES


Siti Nur Alfath , 4201408087 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA BLENDED LEARNING BERBASIS WEB ENHANCED COURSE PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR 2 JURUSAN FISIKA UNNES. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA BLENDED LEARNING BERBASIS WEB ENHANCED COURSE PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR 2 JURUSAN FISIKA UNNES]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA BLENDED LEARNING BERBASIS WEB ENHANCED COURSE PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR 2 JURUSAN FISIKA UNNES)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin maju memberikan angin segar dalam dunia pendidikan, termasuk dalam bangku perkuliahan di Universitas Negeri Semarang (Unnes). Keunggulan TIK di Unnes sangatlah mendukung sarana perkuliahan, salah satunya dengan penggunaan media blended learning berbasis web enhanced course. Dosen dapat merasakan kemudahan dalam memahamkan mahasiswa, bertemu langsung dan mengkombinasikan dengan sumber online. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media blended learning berbasis web enhanced course yang mampu membangkitkan minat akses situs fisika dasar 2, meningkatkan minat belajar dan penguasaan materi fisika dasar 2. Subjek penelitian yaitu mahasiswa fisika rombel 4 Fisika Dasar 2 semester 2 tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 34 mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development), desain quasi experimental design jenis pre-test and post-test one group. Metode tes uraian digunakan untuk mengetahui tingkat penguasaan materi dan angket digunakan untuk mengetahui seberapa besar minat belajar fisika dan minat akses. Tes diberikan sebelum dan sesudah menggunakan media blended learning berbasis web enhanced course untuk mengetahui adanya peningkatan penguasaan materi. Uji validasi media ini dilakukan oleh dosen untuk mengetahui kelayakannya. Selanjutnya media ini diuji coba secara terbatas pada 15 mahasiswa, Diperbaiki sesuai kritik dan saran yang masuk serta diuji pelaksanaan dalam rombel 4 Fisika Dasar 2. Berdasarkan hasil analisis data, media ini mampu membangkitkan minat akses 65% kategori tinggi, menumbuhkan minat belajar 76% kategori tinggi dan meningkatkan hasil belajar 0,32 kategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Blended Learning, Web Enhanced Course
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Oct 2013 10:11
Last Modified: 25 Oct 2013 10:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17900

Actions (login required)

View Item View Item