MENINGKATKAN PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN LEMPAR SASARAN SISWA KELAS V SD NEGERI 01 SAMONG KEC. ULUJAMI KAB. PEMALANG TAHUN AJARAN 2012/2013


EKO PURWANTO, 6101911153 (2013) MENINGKATKAN PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN LEMPAR SASARAN SISWA KELAS V SD NEGERI 01 SAMONG KEC. ULUJAMI KAB. PEMALANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN LEMPAR SASARAN SISWA KELAS V SD NEGERI 01 SAMONG KEC. ULUJAMI KAB. PEMALANG TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (MENINGKATKAN PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN LEMPAR SASARAN SISWA KELAS V SD NEGERI 01 SAMONG KEC. ULUJAMI KAB. PEMALANG TAHUN AJARAN 2012/2013)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Karakteristik anak sekolah dasar antara lain senang bermain, senang bergerak, senang bekerja dalam kelompok, dan senang merasakan atau melakukan/memperagakan sesuatu secara langsung. Rumuan Masalah: Apakah model pembelajaran bermain lempar sasaran dapat meningkatkan keterampilan melempar dalam permainan bola basket pada siswa kelas V SD Negeri 01 Samong Kecamatan Ulujami Pemalang?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan keterampilan melempar dalam permainan bola basket pada siswa kelas V SD Negeri 01 Samong Kecamatan Ulujami Pemalang Tahun 2012/2013. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subyek penelitian yang digunakan siswa kelas V SDN 01 Samong yang berjumlah 30 siswa.Instrumen yang digunakan instrumen tes dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diketahui teknik bermain lempar sasaran dalam meningkatkan keterampilan melempar dalam permainan bola basket pada siswa kelas V SD Negeri 01 Samong Kecamatan Ulujami Pemalang Tahun 2012/2013, sebagai berikut: a) Tahap pra siklus perbaikan pembelajaran dari 30 siswa kelas V terdapat 15 siswa yang telah tuntas belajar atau sebesar 50 % dan 15 siswa atau 50 % siswa yang belum tuntas belajar. b) Tahap perbaikan pembelajaran pada siklus I terdapat 9 siswa dari 30 siswa atau 30 % siswa yang belum tuntas belajar, dan 21 siswa atau sebesar 70 % yang telah tuntas belajar. c) Tahap perbaikan pembelajaran pada siklus II terdapat 2 siswa atau sebesar 6,6% yang mendapatkan nilai kurang dari 70 dan 28 siswa atau sebesar 93,4 % telah tuntas belajar. Dari hasil penelitian disimpulkan Model pembelajaran bermain lempar sasaran dapat meningkatkan permainan bola basket pada siswa kelas V SD Negeri 01 Samong Kecamatan Ulujami Pemalang Tahun 2012/2013 Saran: 1) Guru diharapkan menggunakan model pembelajaran bermain lempar sasaran untuk dapat mempengaruhi minat siswa dalam permainan basket, 2) Guru seringkali melakukan penelitian tindakan kelas untuk dapat mengetahui kesulitan belajar siswa dan mampu mengatasinya, sehingga prestasi siswa akan meningkat. 3) Sekolah hendaknya menyediakan alat peraga yang dapat membantu tercapainya tujuan pendidikan. 4) Guru dapat memanfaatkan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sehingga mudah diperoleh dengan biaya yang murah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bermain lempar sasaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:00
Last Modified: 22 May 2014 11:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17898

Actions (login required)

View Item View Item