PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Afri Setiawan , 4201408012 (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Under Graduates thesis, Unnes.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA)
Download (5Mb)

    Abstract

    Ada keterkaitan antara hasil belajar dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil belajar siswa kelas X-1 SMA N 1 Rembang Purbalingga belum tuntas yaitu dengan rata-rata kelas 63,48 dari KKM sebesar 70 pada ujian tengah semester dua tahun ajaran 2011/2012. Hal ini mengindikasikan kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Pembelajaran berlangsung satu arah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksananaan model pembelajaran Numbered Heads Together berbasis Problem Solving yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan besar peningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model tersebut pada pokok bahasan listrik dinamis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dua siklus. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan persentase untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar serta menggunakan gain ternormalisasi untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat dari siklus satu ke siklus dua dengan faktor Hake (gain) sebesar 0,43. Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat secara signifikan (kategori kritis). Hasil ini diperkuat dengan hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik yang juga meningkat setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disimpulkan bahwa pembelajaran tipe Number Heads Together berbasis Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, Problem Solving , Kemampuan Berpikir Kritis.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
    Q Science > QC Physics
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 25 Oct 2013 06:10
    Last Modified: 25 Oct 2013 06:10

    Actions (login required)

    View Item