KEEFEKTIFAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR UNSUR CERITA SISWA KELAS V SD NEGERI LANGGEN KABUPATEN TEGAL


IKA NURFIANA, 1401409324 (2013) KEEFEKTIFAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR UNSUR CERITA SISWA KELAS V SD NEGERI LANGGEN KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR UNSUR CERITA SISWA KELAS V SD NEGERI LANGGEN KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR UNSUR CERITA SISWA KELAS V SD NEGERI LANGGEN KABUPATEN TEGAL)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi unsur cerita dengan menggunakan model Numbered Heads Together dan tanpa menggunakan model Numbered Heads Together. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran Numbered Heads Together dalam pembelajaran unsur cerita siswa kelas V SD Negeri Langgen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experimental) dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VA dan kelas VB SD Negeri Langgen. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas V A sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 23 siswa dan kelas V B sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 21 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test). Validitas yang digunakan adalah validitas logis (logical validity) dan validitas empirik (empirical validity). Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan bahwa instrumen tersebut reliabel, yaitu diperoleh r = 0,891. Analisis data diadakan setelah melakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor tes awal dan tes akhir berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together dan pembelajaran yang tidak menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together. Perbedaan tersebut dibuktikan dengan hasil independent sample t-test yang dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 17. Nilai thitung > ttabel yaitu 3,096 > 2,018 dan nilai signifikansi yang kurang dari 0,05 yaitu 0,003. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan, bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran unsur cerita dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, Model Pembelajaran Numbered Heads Together, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:04
Last Modified: 22 May 2014 11:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17895

Actions (login required)

View Item View Item