PENERAPAN BERMAIN KERAREL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM KESEIMBANGAN PADA SISWA KELAS II SDN LEREP 05 KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2013

ATRIYANI, 6101911146 (2013) PENERAPAN BERMAIN KERAREL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM KESEIMBANGAN PADA SISWA KELAS II SDN LEREP 05 KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN BERMAIN KERAREL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENAM KESEIMBANGAN PADA SISWA KELAS II SDN LEREP 05 KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2013)
Download (4Mb)

    Abstract

    Pembelajaran senam keseimbangan pada pendidikan dasar merupakan sarana dalam mengembangkan keterampilan siswa yang bertujuan menghasilkan peningkatan hasil belajar materi senam keseimbangan dengan bermaian kerarel.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan aktvitas siswa yang kurang termotivasi dalam melakukan senam keseimbangan pada kelas II SDN Lerep 05 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Sematang, dalam pembelajaran senam keseimbangan salah satunya disebabkan oleh cara mengajar guru belum bervariasi terutama dalam pemanfaatan media sebagai sumber belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) apakah penerapan bermaian kerarel dapat meningkatkan hasil belajar senam keseimbangan pada siswa kelas II SD Negeri Lerep 05 Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang?Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan peningkatan hasil belajar senam keseimbangan dengan bermain kerarel. Penelitian dilaksanakan di SDN Lerep 05 dengan subyek penelitian seluruh siswa kelas II yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan dan guru. Sumber data diperoleh dari kinerja dan hasil belajar siswa, kinerja guru dalam pengelolaan pembelajaran, dan dokumen yang diperoleh dari temuan, catatan selama pelaksanaan penelitian yang dilaksanakan melalui dua tahap yaitu tahap siklus I, dan II. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi atau pengamatan tes berupa tes tertulis pada setiap siklus dan lembar observasi untuk aktvitas guru dan siswa. Temuan selama pelaksanaan penelitian dibahas bersama dengan teman sejawat (kolabolator). Metode yang digunakan adalah penilaian kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) hasil aktivitas siswa meningkat pada tiap siklusnya, siklus I adalah 66.7% dengan siswa tuntas 14, pada siklus II 90.5% dengan siswa tuntas 19. Pada siklus 1 pencapaian ketuntasan kognitif (61,9%), psikomotor (66.7%), afektif (71.4%). Pada siklus 2 pencapaian ketuntasan kognitif (90.5%), psikomotor (85.7%), afektif (90.5%).Peningkatan dari siklus I dan siklus II adalah 23.8% 2). Hasil keterampilan guru mengalami peningkatan, dapat diketahui dari rata-rata hasil keterampilan guru pada siklus I adalah 72%, pada siklus II 94% . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan melalui pendekatan bermain kerarel, aktivitas siswa, guru dan hasil belajar kelas II SDN Lerep 05 dalam pembelajaran senam keseimbangan meningkat. Saran bagi guru sebaiknya dalam pembelajaran senam keseimbangan salah satunya melalui pendekatan bermain kerarelagar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Aktvitas Belajar, Hasil Belajar Siswa, Senam Keseimbangan, Bermain Kerarel
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: sriningwismi perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 07:04
    Last Modified: 22 May 2014 07:04

    Actions (login required)

    View Item