FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA FRAUD DI SEKTOR PEMERINTAHAN (Studi Kasus Pada Dinas Se-Kota Surakarta)


Rifqi Mirza Zulkarnain, NIM 7250408033 (2013) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA FRAUD DI SEKTOR PEMERINTAHAN (Studi Kasus Pada Dinas Se-Kota Surakarta). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA FRAUD DI SEKTOR PEMERINTAHAN (Studi Kasus Pada Dinas Se-Kota Surakarta)]
Preview
PDF (FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA FRAUD DI SEKTOR PEMERINTAHAN (Studi Kasus Pada Dinas Se-Kota Surakarta))
Download (3MB) | Preview

Abstract

Zulkarnain, Rifqi Mirza, 2013. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Fraud Di Sektor Pemerintahan (Studi Kasus Pada Dinas Se-Kota Surakarta)”. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. Sukardi Ikhsan, M.Si, Pembimbing II. Drs. Fachrurrozie, M.Si. Kata Kunci : Fraud, Persepsi, Sektor Pemerintahan Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi para pegawai di instansi pemerintahan mengenai kecenderungan terjadinya fraud di sektor pemerintahan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahannya yaitu: Bagaimana pengaruh keefektifan sistem pengendalian internal, kesesuaian kompensasi, kultur organisasi, perilaku tidak etis, gaya kepemimpinan, sistem pengendalian internal dan penegakan hukum terhadap fraud di sektor pemerintahan Penelitian ini menggunakan Sampel responden sejumlah 115 pegawai instansi pemerintahan di Kota Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis full model Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis smartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif antara keefektifan sistem pengendalian intern dengan fraud di sektor pemerintahan, terdapat pengaruh negatif antara kesesuaian kompensasi dengan fraud di sektor pemerintahan, tidak terdapat pengaruh antara kultur organisasi dengan fraud di sektor pemerintahan, terdapat pengaruh positif antara perilaku tidak etis dengan fraud di sektor pemerintahan, terdapat pengaruh negatif antara gaya kepemimpinan dengan fraud di sektor pemerintahan, terdapat pengaruh negatif sistem pengendalian internal terhadap fraud di sektor pemerintahan, tidak terdapat pengaruh penegakan hukum terhadap fraud di sektor pemerintahan. Saran dalam penelitian ini kepada instansi pemerintah di Kota Surakarta yaitu diharapkan dapat meningkatkan keeefektifan informasi dan komunikasi, promosi, ketepatan waktu, relasi dan etika pemimpin, pemantauan dan proses penegakan hukum dan menghindari faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya fraud. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas objek penelitian, tidak hanya dilakukan di dinas pemerintahan saja tetapi juga dilakukan di instansi lain. Selain itu juga dapat diperluas di sektor swasta dan perbankan yang terdeteksi mengalami fraud.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fraud, Persepsi, Sektor Pemerintahan
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:03
Last Modified: 22 May 2014 11:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17882

Actions (login required)

View Item View Item