FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA FRAUD DI SEKTOR PEMERINTAHAN (PERSEPSI PEGAWAI PADA DINAS SE-KABUPATEN KUDUS)


MUHAMMAD FAISAL, NIM. 7250408012 (2013) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA FRAUD DI SEKTOR PEMERINTAHAN (PERSEPSI PEGAWAI PADA DINAS SE-KABUPATEN KUDUS). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA FRAUD DI SEKTOR PEMERINTAHAN (PERSEPSI PEGAWAI PADA DINAS SE-KABUPATEN KUDUS)]
Preview
PDF (FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TERJADINYA FRAUD DI SEKTOR PEMERINTAHAN (PERSEPSI PEGAWAI PADA DINAS SE-KABUPATEN KUDUS))
Download (4MB) | Preview

Abstract

Faisal, Muhammad, 2013. “Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya Fraud Di Sektor Pemerintahan (Persepsi Pegawai Pada Dinas Se-Kabupaten Kudus)”. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. Sukardi Ikhsan, M.Si, Pembimbing II. Nanik Sri Utaminingsih, S.E.,M.Si, Akt. Kata Kunci : Fraud, Persepsi, Sektor Pemerintahan Penelitian ini bertujuan untuk menggali persepsi para pegawai di instansi pemerintahan mengenai kecenderungan terjadinya fraud di sektor pemerintahan dan faktor – faktor yang mempengaruhinya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahannya yaitu bagaimana pengaruh sistem pengendalian internal, gaya kepemimpinan, kesesuaian kompensasi, perilaku tidak etis, kultur organisasi, komitmen organisasi dan penegakan hukum terhadap fraud di sektor pemerintahan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 118 pegawai instansi pemerintahan di Kabupaten Kudus. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis full model Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis smartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif antara sistempengendalian interndengan fraud di sektorpemerintahan, terdapat pengaruh negatif antara gaya kepemimpinan dengan fraud di sector pemerintahan, tidak terdapat pengaruh antara kesesuaian kompensasi dengan fraud di sector pemerintahan, terdapat pengaruh positif antara perilaku tidak etis dengan fraud di sector pemerintahan, tidak terdapat pengaruh antara kultur organisasi dengan fraud di sektor pemerintahan, terdapat pengaruh negatif antara komitmen organisasi dengan fraud di sector pemerintahan, terdapat pengaruh negatif antara penegakan hukum dengan fraud di sector pemerintahan. Saran yang disampaikan dalam penelitian ini kepada instansi pemerintah di Kabupaten Kudus yaitu disarankan untuk mengevaluasi aktivitas kegiatan di instansi agar lebih optimal. Disarankan bagi pemimpin instansi untuk lebih jelas dalam menyampaikan arah dan tujuan kepada pegawai yang menjadi tujuan instansi. Disarankan untuk memberikan penghargaan atas hasil kerja para pegawai. Disarankan para pegawai tidak menyalahgunakan fasilitas instansi yang sudah diberikan kepada pegawai. Disarankan para pegawai untuk berinisiatif melakukan pekerjaan tanpa harus menerima perintah. Disarankan para pegawai untuk menerima semua tugas dan menyelesaikannya tanpa ada rasa terpaksa. Disarankan bagi instansi untuk segera melakukan tindakan kepada pegawai yang melanggar peraturan instansi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fraud, Persepsi, Sektor Pemerintahan
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:03
Last Modified: 22 May 2014 11:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17879

Actions (login required)

View Item View Item