MENGURANGI PERILAKU AGRESIF MELALUI LAYANAN KLASIKAL MENGGUNAKAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI PEGIRIKAN 03 KABUPATEN TEGAL


Dian Muslimatun Azizah, 1301409046 (2013) MENGURANGI PERILAKU AGRESIF MELALUI LAYANAN KLASIKAL MENGGUNAKAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI PEGIRIKAN 03 KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENGURANGI PERILAKU AGRESIF MELALUI LAYANAN KLASIKAL MENGGUNAKAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI PEGIRIKAN 03 KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (MENGURANGI PERILAKU AGRESIF MELALUI LAYANAN KLASIKAL MENGGUNAKAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI PEGIRIKAN 03 KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (902kB) | Preview

Abstract

Dian Muslimatun Azizah. 2013. Mengurangi Perilaku Agresif Melalui Layanan Klasikal Menggunakan Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas V di SD N Pegirikan 03 Kabupaten Tegal. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I: Dra. Ninik Setyowani, M.Pd., Dosen Pembimbing II: Dr. Supriyo, M.Pd Kata kunci: perilaku agresif, layanan klasikal, teknik sosiodrama Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SD N Pegirikan 03 yang menunjukkan bahwa terdapat siswa yang memiliki perilaku agresif. Melalui pemberian layanan klasikal menggunakan teknik sosiodrama diharapkan perilaku agresif siswa kelas V dapat dikurangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku agresif siswa sebelum dan sesudah layanan, serta mengetahui tingkat keefektifan layanan klasikal menggunakan teknik sosiodrama dalam mengurangi perilaku agresif siswa kelas V. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa laki-laki kelas V di SD N Pegirikan 03 yang berjumlah 14 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan wawancara. Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis data kualitatif dan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subyek penelitian memiliki perilaku agresif. Perilaku agresif yang ditunjukkan siswa meliputi perilaku agresif verbal dan non verbal, seperti mengancam, marah tanpa alasan, menghina, tidak disiplin, memukul, menendang, menyerbu, dan menyerang milik orang lain. Setelah diberikan layanan, terdapat penurunan terhadap perilaku agresif yang dimiliki siswa. Persentase perilaku agresif yang ditunjukkan siswa pada awalnya menunjukkan angka diatas 50%, namun setelah layanan perilaku agresif siswa menunjukkan persentase dibawah 50%. Perilaku agresif yang masih banyak dimiliki siswa adalah perilaku tidak disiplin terutama saat berada didalam kelas. Layanan klasikal menggunakan teknik sosiodrama efektif dalam mengurangi perilaku agresif siswa kelas V. Hal ini, dapat dibuktikan dengan penurunan persentase perilaku agresif siswa sebelum dan sesudah layanan. Perilaku agresif siswa sebelum layanan meliputi kriteria sangat tinggi, tinggi, sedang dan rendah. sedangkan perilaku agresif siswa setelah layanan meliputi kriteria rendah dan sangat rendah. Perilaku agresif yang masih dimiliki siswa yaitu tidak mentaati perintah dan berbicara keras pada saat yang tidak pantas. Disimpulkan bahwa perilaku agresif siswa kelas V di SD N Pegirikan 03 dapat dikurangi melalui layanan klasikal menggunakan teknik sosiodrama. Saran bagi guru kelas agar lebih memberikan perhatian terhadap siswa yang memiliki perilaku agresif sehingga perilaku tersebut dapat dikurangi dan saran bagi siswa agar mampu menjaga perilakunya, disiplin, dan bertanggungjawab sehingga perilaku agresif siswa dapat berkurang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perilaku agresif, layanan klasikal, teknik sosiodrama
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:07
Last Modified: 22 May 2014 11:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17874

Actions (login required)

View Item View Item