PEMBUATAN MEDIA ANIMASI 2 DIMENSI SISTEM KERJA SHOCK ABSORBER MOBIL TIPE TWIN TUBE UNTUK MENDUKUNG MATERI PEMBELAJARAN CHASIS


Raharjo Edi Prasetyo, 5201408106 (2013) PEMBUATAN MEDIA ANIMASI 2 DIMENSI SISTEM KERJA SHOCK ABSORBER MOBIL TIPE TWIN TUBE UNTUK MENDUKUNG MATERI PEMBELAJARAN CHASIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Arikunto S. 1990. Manajemen Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta. Arikunto S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta. Arsyad A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada. Azwar S. 2010. Realibilitas dan Validitas, Yogyakarta ]
Preview
PDF (Arikunto S. 1990. Manajemen Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta. Arikunto S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta. Arsyad A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada. Azwar S. 2010. Realibilitas dan Validitas, Yogyakarta )
Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran shock absorber di SMK Negeri 4 Semarang masih menggunakan media konvensional. Dampaknya siswa kurang paham mengenai materi tersebut. Pendidik belum menggunakan media animasi shock absorber yang dapat memberikan gambaran lebih nyata terhadap materi dalam pembelajaran shock absorber. Penelitian ini bertujuan untuk Membuat produk animasi 2 dimensi sistem kerja shock absorber mobil tipe twin tube sebagai penunjang materi pembelajaran chasis. Penelitian menggunakan metode research and development. Produk animasi yang telah dibuat kemudian dianalisis kelayakannya dari segi kriteria tampilan media, kriteria kualitas teknik, dan kriteria isi materi. Data diperoleh dari angket yang diberikan kepada 5 pakar media dan 3 pakar materi chasis. Angket tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif.Hasil uji media yang dilakukan oleh para pakar media adalah sebagai berikut: 1) Kriteria Tampilan Media bernilai 90,11% termasuk dalam kategori sangat baik. 2) Kriteria Kualitas Teknis bernilai 92% termasuk dalam kategori sangat baik. 3) Kriteria Isi bernilai 84,44% termasuk dalam kategori sangat baik. Simpulan dari penelitian ini yaitu 1) Pembuatan media animasi pembelajaran dimulai dari analisis kebutuhan, desain media sesuai kebutuhan, pembuatan media, implementasi media pada perangkat komputer, evaluasi media yang dilakukan oleh para pakar, yang terakhir validasi media bila telah dinyatakan layak oleh para pakar. 2) Dari hasil uji media yang telah dilakukan terhadap media animasi sistem kerja shock absorber mobil tipe twin tube oleh 7 pakar, maka disimpulkan bahwa media animasi tersebut valid dan layak digunakan untuk membantu pembelajaran. Diperlukan penelitian lanjutan terhadap media animasi sistem kerja shock absorber mobil tipe twin tube untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media animasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Animasi Dua Dimensi, Pembuatan, Shock Absorber.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:06
Last Modified: 22 May 2014 11:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17873

Actions (login required)

View Item View Item