UPAYA MENINGKATKAN PERAN AKTIF SISWA DALAM LAYANAN INFORMASI DENGAN PENGEMBANGAN PERTANYAAN TAKSONOMI BLOOM DI SMP NEGERI 1 UNGARAN 2012/2013


Paryanto, 1301409042 (2013) UPAYA MENINGKATKAN PERAN AKTIF SISWA DALAM LAYANAN INFORMASI DENGAN PENGEMBANGAN PERTANYAAN TAKSONOMI BLOOM DI SMP NEGERI 1 UNGARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPAYA MENINGKATKAN PERAN AKTIF SISWA DALAM LAYANAN INFORMASI DENGAN PENGEMBANGAN PERTANYAAN TAKSONOMI BLOOM DI SMP NEGERI 1 UNGARAN 2012/2013]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN PERAN AKTIF SISWA DALAM LAYANAN INFORMASI DENGAN PENGEMBANGAN PERTANYAAN TAKSONOMI BLOOM DI SMP NEGERI 1 UNGARAN 2012/2013) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Paryanto. 2013. Upaya Meningkatkan Peran Aktif Siswa dalam Layanan Informasi Dengan Pengembangan Pertanyaan Taksonomi Bloom di SMP Negeri 1 Ungaran 2012/2013. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Dr. Supriyo, M.Pd, dan Pembimbing II. Drs. Heru Mugiarso, M.Pd., Kons. Kata kunci: Layanan informasi; Peran aktif siswa; Pertanyaan dari taksonomi Bloom Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VIII B SMP Negeri 1 Ungaran yang menunjukkan sikap peran aktif dalam layanan informasi pada indikator bertanya dengan kategori rendah (12%), indikator mengajukan pendapat dengan kategori rendah (4%), indikator maju kedepan kelas dengan kategori rendah (0%), dan indikator dengan persentase paling tinggi yaitu siswa memperhatikan materi dengan kategori sangat aktif (100%). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan keberhasilan dalam meningkatkan peran aktif siswa dalam layanan informasi melalui pengembangan pertanyaan taksonomi Bloom. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan Bimbingan dan Konseling dengan melaksanakan tiga siklus tindakan. Setting penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Ungaran dengan subjek penelitian yaitu 25 siswa di kelas VIII B di sekolah tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan alat bantu check list, dan catatan berkala. Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis data deskriptif persentase dan analisis statistik wilcoxon match pairs test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi peran aktif 25 siswa di kelas VIII B sebelum diberi tindakan menunjukan sebagian besar siswa (88%) di kelas tersebut termasuk pada kategori peran aktif siswa rendah. Siklus I menunjukan sebagian besar siswa (80%) di kelas tersebut termasuk pada kategori peran aktif siswa cukup. Siklus II sebagian besar siswa (76%) di kelas tersebut termasuk pada kategori peran aktif siswa cukup. Siklus III sebagian besar siswa (52%) di kelas tersebut termasuk pada kategori peran aktif siswa tinggi. Data di atas menunjukan adanya peningkatan kategori peran aktif siswa dari sebelum tindakan sampai dengan akhir pemberian tindakan, yaitu yang semula sebagian besar termasuk pada kategori peran aktif rendah, mengalami perubahan menjadi sebagian besar termasuk pada kategori peran aktif tinggi. Siswa di kelas tersebut menunjukan tidak canggung lagi untuk mengemukakan pendapat, bertanya, maju ke depan kelas mengerjakan tugas dan memperhatikan materi dengan seksama. Dari hasil uji wilcoxon dengan n=25 taraf signifikasi 5%, didapatkan Thitung < Ttabel (0<89) atau Ha diterima dan Ho ditolak. Disimpulkan bahwa Peran aktif siswa dalam layanan informasi Bimbingan dan Konseling dapat ditingkatkan dengan pengembangan pertanyaan taksonomi Bloom. Saran bagi Kepala Sekolah yaitu bisa memberikan dukungan kepada guru Bimbingan dan Konseling dapat menggunakan teknik yang sudah dilakukan oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Layanan informasi; Peran aktif siswa; Pertanyaan dari taksonomi Bloom
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:08
Last Modified: 22 May 2014 11:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17872

Actions (login required)

View Item View Item