PENGARUH KEBIJAKAN HUTANG, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP EARNING MANAGEMENT DALAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2008-2010


Rika Ayu Puspitasari, NIM 7250407101 (2013) PENGARUH KEBIJAKAN HUTANG, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP EARNING MANAGEMENT DALAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2008-2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEBIJAKAN HUTANG, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP EARNING MANAGEMENT DALAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2008-2010]
Preview
PDF (PENGARUH KEBIJAKAN HUTANG, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN REPUTASI AUDITOR TERHADAP EARNING MANAGEMENT DALAM PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2008-2010)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Puspitasari, Rika Ayu. 2013. “Pengaruh Kebijakan Hutang, Kepemilikan Manajerial, dan Reputasi Auditor Terhadap Earning Management Dalam Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2008-2010”. Skripsi. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. Drs. Sukirman, M.Si. Pembimbing II. Maylia Pramono Sari, SE., M.Si. Akt. Kata Kunci: Kebijakan Hutang, Kepemilikan Manajerial, Reputasi Auditor dan Earning Management Earning management adalah kesalahan atau kelalaian yang disengaja dalam membuat laporan mengenai fakta material atau data akuntansi sehingga menyesatkan ketika semua informasi itu dipakai untuk membuat pertimbangan yang akhirnya akan menyebabkan orang yang membacanya akan mengganti atau mengubah pendapat atau keputusannya. Manajemen melakukan earning management karena perusahaan yang labanya selalu mengalami kenaikan dari periode ke periode secara konsisten akan mengakibatkan risiko perusahaan ini mengalami penurunan lebih besar dibandingkan prosentase kenaikan laba. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kebijakan hutang, kepemilikan manajerial, dan reputasi auditor terhadap earning management. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2008-2010. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 12 perusahaan dari 175 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2008-2010. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dengan teknik dokumentasi dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kebijakan hutang, kepemilikan manajerial, dan reputasi auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap earning management baik secara simultan ataupun parsial. Untuk penelitian selanjutnya perlu menambahkan variabel-variabel lain yang mempengaruhi earning management dan menggunakan perusahaan selain perusahaan manufaktur dan tahun penelitian agar diperpanjang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Hutang, Kepemilikan Manajerial, Reputasi Auditor dan Earning Management
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:07
Last Modified: 22 May 2014 11:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17871

Actions (login required)

View Item View Item