UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI KEAHLIAN SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA KELAS X RPL1 DI SMK NEGERI 1 WONOSOBO TAHUN AJARAN 2012/2013


Irsyad Bayu Aji, 1301408054 (2013) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI KEAHLIAN SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI PADA KELAS X RPL1 DI SMK NEGERI 1 WONOSOBO TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301408054.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Bayu Aji, Irsyad. 2013. Upaya Meningkatkan Motivasi Keahlian Siswa Melalui Layanan Informasi Pada Siswa Kelas X RPL1 di SMK Negeri 1 Wonosobo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I Dr. Imam Tadjri, M.Pd., dan Dosen Pembimbing II Dr. Awalya, M.Pd, Kons. Kata kunci: Motivasi Keahlian Siswa, Layanan Informasi Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang terjadi pada siswa kelas X RPL di SMK Negeri 1 Wonosobo yang menunjukkan kondisi siswa kurang memiliki motivasi terhadap keahliannya. Permasalahan penelitian ini yaitu apakah layanan informasi dapat meningkatkan motivasi keahlian siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana motivasi keahlian siswa sebelum dan sesudah dilaksanakan layanan informasi dan mengetahui apakah layanan informasi dapat meningkatkan motivasi keahlian siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Pretest and Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Wonosobo. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Sampel penelitian terdiri dari 1 kelas yaitu kelas X RPL1 dengan jumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi yang digunakan pada saat sebelum dan sesudah pemberian layanan informasi. Teknik analisis data menggunakan uji T-test dan deskriptif persentase. Hasil pre test menunjukkan motivasi keahlian siswa masuk dalam kriteria rendah dengan persentase skor rata-rata 53%. Setelah diberikan layanan informasi, hasil post test menunjukkan skor rata-rata 72% dan dalam kriteria tinggi. Dari hasil uji T-test diperoleh Thitung sebesar 9,38 dan nilai Ttabel sebesar 2,04. Besarnya Thitung > Ttabel maka dapat disimpulkan bahwa layanan informasi terbukti dapat meningkatkan motivasi keahlian pada siswa kelas X RPL1 di SMK Negeri 1 Wonosobo. Adanya peningkatan Motivasi keahlian siswa juga nampak dari sikap siswa dalam mengikuti layanan informasi. Pertemuan pertama masih banyak siswa yang ramai sendiri saat diberikan materi dan terkesan kurang bersemangat karena kurangnya motivasi pada keahliannya, setelah pertemuan ketiga terjadi peningkatan motivasi keahlian siswa baik pada saat pembelajaran teori dikelas maupun pada saat praktek komputer. Hasil laiseg baik secara lisan maupun tertulis, menunjukkan bahwa siswa memperoleh pemahaman terhadap materi layanan informasi yang diberikan, merasa senang mengikuti layanan informasi dan akan berusaha untuk meningkatkan motivasi keahliannya Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi keahlian siswa setelah pelaksanaan layanan informasi. Saran bagi siswa diharapkan dapat meningkatkan motivasinya terutama pada bidang keahliannya. Bagi konselor hendaknya dapat membantu siswa dalam meningkatkan motivasi keahlian siswa melalui layanan informasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Keahlian Siswa, Layanan Informasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:09
Last Modified: 22 May 2014 11:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17869

Actions (login required)

View Item View Item