PENGEMBANGAN MEDIA SISTEM PENERANGAN SEPEDA MOTOR BERBASIS LED UNTUK PEMBELAJARAN KOMPETENSI MENDIAGNOSA RANGKAIAN


Sumadi, 5201408102 (2013) PENGEMBANGAN MEDIA SISTEM PENERANGAN SEPEDA MOTOR BERBASIS LED UNTUK PEMBELAJARAN KOMPETENSI MENDIAGNOSA RANGKAIAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA SISTEM PENERANGAN SEPEDA MOTOR BERBASIS LED UNTUK PEMBELAJARAN KOMPETENSI MENDIAGNOSA RANGKAIAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA SISTEM PENERANGAN SEPEDA MOTOR BERBASIS LED UNTUK PEMBELAJARAN KOMPETENSI MENDIAGNOSA RANGKAIAN)
Download (10MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah tingkat pemahaman mahasiswa pada saat proses belajar khususnya untuk mendiagnosa rangkaian sistem penerangan belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat dari penjelasan ceramah hanya sedikit materi yang di sampaikan dosen dan untuk praktik waktu yang di berikan sedikit karena waktunya terbatas. Faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar mahasiswa salah satu diantaranya kurangnya media yang memadai sebagai sarana pembelajaran. Media berbasis LED adalah segala sesuatu sarana atau alat sebagai tanda indikator bahwa sistem berada dalam proses kerja yang dapat membantu untuk mendidik atau mengajar, agar materi yang diajarkan mudah dipahami. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah peningkatan hasil pembelajaran mahasiswa setelah menggunakan media berbasis LED pada mata kuliah sepeda motor dan motor kecil terutama tentang mendiagnosa rangkaian sistem penerangan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengikut mata kuliah sepeda motor dan motor kecil Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang, terdapat dua rombel pengikut mata kuliah sepeda motor dan motor kecil dan jumlah populasinya sebanyak 62 mahasiswa. Sampel yang digunakan adalah 28 mahasiswa rombel 1 sebagai kelas eksperimen dan 34 mahasiswa rombel 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode tes, analisis data menggunakan statistik deskripsi dan uji t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada kelas kontrol rata-rata hasil belajar pada tes pre test mencapai 52,94 dan setelah diberikan pembelajaran menggunakan media ceramah biasa meningkat menjadi 71,18, sehingga pada kelas kontrol setelah diberikan metode ceramah biasa mengalami peningkatan sebesar 34,46% dan pada kelas eksperimen rata-rata hasil belajar pada tes pre test mencapai 54,11 dan setelah diberikan pembelajaran menggunakan media berbasis LED meningkat menjadi 77,50, sehingga pada kelas eksperimen setelah diberikan pembelajaran menggunakan media berbasis LED mengalami peningkatan sebesar 43,23%. Berdasarkan hasil uji t nilai post test kompetensi mendiagnosa rangkaian ternyata ada peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan media berbasis LED untuk pembelajaran kompetensi mendiagnosa rangkaian Kata kunci: hasil belajar, media berbasis LED, diagnosa rangkaian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 22792 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:08
Last Modified: 22 May 2014 11:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17865

Actions (login required)

View Item View Item