PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VA SDN WONOSARI 02 KOTA SEMARANG


NURUL SHOLIHAH WAHYU HIDAYATI, 1401409316 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VA SDN WONOSARI 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VA SDN WONOSARI 02 KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VA SDN WONOSARI 02 KOTA SEMARANG)
Download (11MB) | Preview

Abstract

IPA bertujuan agar peserta didik dapat mengembangkan pengetahuan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada pembelajaran IPA di kelas VA SDN Wonosari 02 ditemukan permasalahan yaitu kurangnya sifat penyelidikan, belum dapat berpikir kritis, dan kurang memaksimalkan pengetahuannya untuk membuat hasil karya. Hasil belajar IPA masih rendah, yaitu dari 32 siswa terdapat 11 siswa (34,4%) yang mendapatkan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Untuk mengatasi masalah tersebut, diadakan penelitian tindakan kelas melalui penerapan Model Problem Based Instruction dengan media Audiovisual. Rumusan masalah penelitian ini, bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas VA SDN Wonosari 02 Kota Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas VA SDN Wonosari 02 Kota Semarang. Penelitian tindakan dilakukan dalam tiga siklus dengan dua pertemuan di setiap siklusnya. Tahapan peneliltian yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ialah guru dan siswa kelas VA SDN Wonosari 02 dengan jumlah 32 siswa. Variabel penelitian meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes yang dianalisis mengunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pembelajaran IPA meningkat. Keterampilan guru siklus I memperoleh skor rata-rata 17 dengan kategori cukup, pada siklus II memperoleh skor rata-rata 22,5 dengan kategori baik, dan terjadi peningkatan lagi pada siklus III dengan skor rata-rata 25,5 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 17,1 dengan kategori cukup, pada siklus II terjadi peningkatan dengan memperoleh skor ratarata 20,5 dengan kategori baik, dan terjadi peningkatan lagi pada siklus III dengan skor 23,4 dengan kategori sangat baik. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan 59,38%, pada siklus II diperoleh 67, 19%, dan pada siklus III diperoleh persentase ketuntasan 81,26%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Instruction dengan media Audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas VA SDN Wonosari 02 Kota Semarang dan disarankan model serta media tersebut dapat diterapkan mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPA, Problem Based Instruction, Audiovisual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:10
Last Modified: 22 May 2014 11:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17862

Actions (login required)

View Item View Item