PENENTUAN KADAR KROMIUM DALAM LIMBAH INDUSTRI MELALUI PEMEKATAN DENGAN METODE KOPRESIPITASI MENGGUNAKAN Cu-PIROLIDIN DITHIOKARBAMAT


Devi Tataning Pratiwi, 4350408031 (2013) PENENTUAN KADAR KROMIUM DALAM LIMBAH INDUSTRI MELALUI PEMEKATAN DENGAN METODE KOPRESIPITASI MENGGUNAKAN Cu-PIROLIDIN DITHIOKARBAMAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENENTUAN KADAR KROMIUM DALAM LIMBAH INDUSTRI MELALUI PEMEKATAN DENGAN METODE KOPRESIPITASI MENGGUNAKAN Cu-PIROLIDIN DITHIOKARBAMAT]
Preview
PDF (PENENTUAN KADAR KROMIUM DALAM LIMBAH INDUSTRI MELALUI PEMEKATAN DENGAN METODE KOPRESIPITASI MENGGUNAKAN Cu-PIROLIDIN DITHIOKARBAMAT)
Download (777kB) | Preview

Abstract

Salah satu jenis industri yang menggunakan bahan berbahaya dan beracun (B3) pada proses produksi adalah industri penyamakan kulit yang menggunakan kromium (Cr). Peneliti mencoba analisis krom di dalam limbah industri dengan metode kopresipitasi menggunakan Cu(PDC)2. Variasi yang dilakukan meliputi varisi pH dari 3-8, volume APDC dari 1-6 mL, waktu pengadukan dari 10-25 menit dan dipelajari pengaruh adanya ion logam Cd(II) sebagai interferensi terhadap hasil analisis Cr(VI). Hasil optimasi yang diperoleh yaitu pH larutan optimum dicapai pada pH 4, volume APDC optimal 6 mL, waktu pengadukan optimal 20 menit dan besar % recovery variasi konsentrasi Cr(VI) pada kondisi optimum sebesar 94,2%. Sebagai interferensi, Cd(II) dapat menggangu Cr dengan perbandingan 1:1. Kondisi optimum diaplikasikan dalam limbah industri dan diperoleh kadar krom sebesar 1,5454 ppm.Metode analisis Cr(VI) menggunakan metode kopresipitasi hanya cocok untuk kadar Cd(II) yang lebih rendah dari pada kadar Cr(VI) atau harus dilakukan pemisahan terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kopresipitasi, APDC, Cr(VI)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:17
Last Modified: 22 May 2014 11:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17857

Actions (login required)

View Item View Item