PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI MELALUI METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 MOGA


Fitriati, 1401409315 (2013) PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI MELALUI METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 MOGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI MELALUI METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 MOGA]
Preview
PDF (PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI MELALUI METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 01 MOGA)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah, hasil belajar IPS materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 01 Moga semester 2 tahun pelajaran 2011/2012, termasuk dalam kategori rendah. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil belajar siswa pada materi tersebut hanya 6 siswa yang telah memenuhi KKM dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 12,77%. Hal ini dikarenakan guru belum menggunakan metode pembelajaran inovatif yang dapat mengaktifkan siswa. Berdasarkan kecenderungan tersebut, peneliti mengadakan inovasi pembelajaran IPS melalui penerapan metode pembelajaran everyone is a teacher here pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Moga. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan performansi guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 01 Moga. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data berupa analisis data kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan mencakup nilai performansi guru minimal 71 (B), persentase aktivitas belajar siswa minimal 70%, dan rata-rata nilai hasil belajar memenuhi KKM yang ditetapkan yaitu ≥71 dengan ketuntasan belajar klasikal ≥75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa performansi guru yang pada siklus I memperoleh nilai akhir sebesar 71,25 (B) meningkat menjadi 80,32 (AB). Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 73,68% dengan kriteria tinggi meningkat pada siklus II menjadi 78,31% dengan kriteria sangat tinggi. Selanjutnya, rata-rata nilai tes formatif siklus I sebesar 72,68 meningkat pada siklus II menjadi 87,13. Ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 74,47% meningkat pada siklus II menjadi 87,23%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan performansi guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar IPS materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Moga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Everyone is a teacher here; Pembelajaran IPS; Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:17
Last Modified: 22 May 2014 11:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17856

Actions (login required)

View Item View Item