SURVEY KETERAMPILAN SERVIS BAWAH SISWA PUTRI USIA 9-13 TAHUN PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SD 2 TANJUNGREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013


KUSBONO, 6301911004 (2013) SURVEY KETERAMPILAN SERVIS BAWAH SISWA PUTRI USIA 9-13 TAHUN PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SD 2 TANJUNGREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEY KETERAMPILAN SERVIS BAWAH SISWA PUTRI USIA 9-13 TAHUN PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SD 2 TANJUNGREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (SURVEY KETERAMPILAN SERVIS BAWAH SISWA PUTRI USIA 9-13 TAHUN PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SD 2 TANJUNGREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah dalam pembelajaran bola voli mini siswa putri peserta ekstrakurikuler bola voli mini di SD 2 Tanjungrejo dijumpaiada sebagian siswa yang belum terampil dalam melakukan servis bawah. Permasalahan skripsi ini bagaimanakah keterampilan servis bawah siswa putri yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli mini di SD 2 Tanjungrejo pada semester 2 Tahun Pelajaran 2012/213?. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan servis bawah siswa putri yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli mini di SD 2 Tanjungrejo pada semester 2 Tahun Pelajaran 2012/213 Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa putri peserta ekstrakurikuler bola voli mini di SD 2 Tanjungrejo yang berjumlah 20 siswa.Pengambilan sampel menggunakan Total Sampling, dengan tujuan semua siswa putri peserta ekstrakurikuler bola voli mini di SD 2 Tanjungrejo yang berjumlah 20 siswa dijadikan sampel penelitian.Instrumen penelitian menggunakan tes, dan analisis data dengan deskripsi persentase. Hasil analisis diperoleh dataketerampilan servis bawah dari 20 siswa peserta ekstrakurikuler bola voli mini dalam kategori sangat tinggi 4 siswa (20%), kategori tinggi 14 siswa (70%), kategori sedang 2 siswa (10%).Keberhasilan pembelajaran servis bawah pada permainan bola voli mini tersebut, karena dalam pembelajaran bola voli mini peneliti menciptakan pembelajaran dalam suasana permainan dan kompetisi Simpulan dari penelitian ini yaitu keterampilan servis bawah siswa putri peserta ekstrakurikuler bola voli mini di SD 2 Tanjungrejo sebagaian besar dalam kategori sangat tinggi 4 siswa (20%) dan kategori tinggi 14 siswa (70%).Oleh karena disarankan:1) Bagi siswa perlunya minat, motivasi, bakat, dan latihan rutin bagi siswa untuk dapat meraih prestasi dalam permainan bola voli mini maupun pada cabang-cabang olahraga lainnya. 2) Bagi guru penjasorkes hendaknya lebih kreatif dalam proses pembelajaran permainan bola voli mini dengan menyisipkan bentuk-bentuk game kecil untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa dan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam pembelajaran bola voli. 3) Pentingnya peran sekolah dalam menyediakan fasilitas sarana dan prasarana demi menunjang keberhasilan kegiatan permainan bola voli mini. 4) Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini sebagai informasi ilmiah dan diharapkan untuk dapat membandingkan metode pembelajaran servis bawah menggunakan pendekatan dengan metode yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan servis bawah, Bola Voli Mini
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:22
Last Modified: 22 May 2014 11:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17846

Actions (login required)

View Item View Item