KEEFEKTIFAN MEDIA SLIDE PRESENTASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 06 TEGALSARI KABUPATEN PEMALANG


Deny Irawan, 1401409308 (2013) KEEFEKTIFAN MEDIA SLIDE PRESENTASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 06 TEGALSARI KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MEDIA SLIDE PRESENTASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 06 TEGALSARI KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA SLIDE PRESENTASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 06 TEGALSARI KABUPATEN PEMALANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi, pembelajaran matematika justru lebih terarah dengan baik. Dengan menggunakan media pembelajaran seperti komputer, bisa menghadirkan benda-benda untuk dijadikan contoh dalam bentuk gambar atau animasi yang lebih menarik dan berkesan, sehingga pembelajaran bisa dirasakan siswa lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Selain itu juga mempercepat proses pembelajaran. Contoh media pembelajaran model komputer yakni slide presentasi yang dibuat dengan aplikasi Microsoft Power Point. Namun pada kenyataannya, kebanyakan guru tidak menggunakan media model komputer dan lebih memilih media yang lebih sederhana misalnya media gambar. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang keefektifan media slide presentasi dibandingkan media gambar terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi sifat-sifat bangun datar. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri 06 Tegalsari tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi dijadikan anggota sampel. Sampel di kelompok kontrol sebanyak 19 siswa dan sebanyak 21 siswa kelas III B sebagai kelompok eksperimen. Kelompok kontrol mendapatkan pembelajaran menggunakan media gambar sedangkan kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran menggunakan media slide presentasi. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen quasi experimental design bentuk nonequivalent control group design. Data minat belajar dikumpukan dengan angket dan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes. Analisis data menggunakan statistik parametris teknik t test independent sampel. Pengujian hipotesis minat belajar menunjukkan bahwa t tabel < t hitung (2,0875<4,01), maka terdapat perbedaan minat belajar yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Rata-rata nilai minat kelompok eksperimen pun lebih besar daripada rata-rata nilai minat kelompok kontrol. Pengujian hipotesis hasil belajar pun menunjukkan ternyata t tabel < t hitung (2,0875 < 4,04), maka terdapat perbedaan yang signifikan minat belajar yang signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Rata-rata nilai hasil belajar kelompok eksperimen pun lebih besar daripada rata-rata nilai hasil belajar kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media slide presentasi lebih efektif terhadap minat dan hasil belajar pada materi sifat-sifat bangun datar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Slide Presentasi, Minat Belajar, Hasil Belajar, Matematika, Sekolah Dasar.
Subjects: L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:22
Last Modified: 22 May 2014 11:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17844

Actions (login required)

View Item View Item