EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISTEM SUSPENSI DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUCTIONAL MATERIALS PADA MATA DIKLAT CHASIS DAN SISTEM PEMINDAHAN DAYA

Achmad Zajid, 5201408094 (2013) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISTEM SUSPENSI DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUCTIONAL MATERIALS PADA MATA DIKLAT CHASIS DAN SISTEM PEMINDAHAN DAYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISTEM SUSPENSI DENGAN MENGGUNAKAN INSTRUCTIONAL MATERIALS PADA MATA DIKLAT CHASIS DAN SISTEM PEMINDAHAN DAYA)
Download (9Mb)

    Abstract

    Siswa SMK Muhammadiyah Kudus dalam memenuhi hasil ketuntasan belajar kompetensi memperbaiki sistem suspensi tahun diklat 2012/2013 siswa kelas XII mendapatkan angka 65,75. Angka pencapaian hasil ketuntasan nilai belajar siswa adalah 70,00 maka diperlukan adanya peningkatan agar diperoleh hasil yang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah membuat sebuah bahan paket pengajaran yang berupa buku (instructional materials) dalam kompetensi memperbaiki sistem suspensi pada mata diklat chasis dan sistem pemindahan daya. Bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran siswa dalam kompetensi memperbaiki sistem suspensi pada mata diklat chasis dan sistem pemindahan daya dengan menggunakan instructional materials sistem suspensi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, dengan penggunaan metode tes sebagai metode pengumpulan data penelitian. Hasil belajar memperbaiki sistem suspensi pada kelas kontrol menunjukan peningkatan sebesar 10,01 % dari kenaikan nilai pre test dan post test dengan penggunaan job sheet biasa sedangkan dengan menggunakan instructional materials peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 30,39 %. Hasil nilai ratarata yang diperoleh untuk kelas kontrol pre test sebesar 59,14 dan post test sebesar 65,06 dan untuk kelas eksperimen nilai rata-rata kelompok pre test sebesar 58,83 dan post test sebesar 76,71. Dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan instructional materials sistem suspensi lebih efektif daripada dengan menggunakan job sheet biasa karena pada instructional materials sistem suspensi terdapat urutan lengkap kerja praktek siswa dan pedoman siswa dalam melakukan overhoul (memperbaiki sistem suspensi) lebih efektif dan efisien daripada menggunakan job sheet biasa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Instructional materials sistem suspensi, hasil belajar, dan kompetensi memperbaiki sistem suspensi
    Subjects: T Technology > TH Building construction
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
    Depositing User: bukhomirah perpus unnes
    Date Deposited: 22 May 2014 07:19
    Last Modified: 22 May 2014 07:19

    Actions (login required)

    View Item