PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MATERI GLOBALISASI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 WARUNGPRING PEMALANG


Welas Asih, 1401409302 (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MATERI GLOBALISASI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 WARUNGPRING PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MATERI GLOBALISASI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 WARUNGPRING PEMALANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN MATERI GLOBALISASI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 WARUNGPRING PEMALANG)
Download (1MB) | Preview

Abstract

penyampaian materi PKn di kelas IV SD Negeri 03 Warungpring Pemalang masih bersifat monoton atau berpusat pada guru, sehingga berdampak pada perolehan aktivitas dan hasil belajar siswa. Perolehan nilai dan hasil belajar Pkn materi globalisasi di SD Negeri 03 Warungpring Pemalang tahun ajaran 2012/2013 masih rendah. Hal ini terlihat dari perolehan hasil belajar siswa yang masih kurang dari KKM yang ditentukan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 03 Warungpring Pemalang dalam memahami mata pelajaran PKn materi globalisasi, serta performansi guru dalam melakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus dilaksanakan melalui empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 03 Warungpring Pemalang tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 41 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik tes dan nontes (observasi dan dokumentasi) Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh nilai performansi guru pada siklus I sebesar 79,65 atau B dan meningkat menjadi 92,15 atau A pada siklus II. Jadi perolehan nilai performansi guru mengalami peningkatan sebesar 12,5. Aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 67,34% dan meningkat menjadi 89,19% pada siklus II. Jadi aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 21,85%. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata kelas sebesar 68,06 dengan ketuntasan klasikal sebesar 74% dan meningkat menjadi 80,24 dengan ketuntasan klasikal sebesar 92,68%. Jadi hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 12,18. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn materi globalisasi di kelas IV SD Negeri 03 Warungpring Pemalang. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar dalam pembelajaran PKn hendaknya guru menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas dan Hasil Belajar, globalisasi, Contextual Teaching Learning
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:23
Last Modified: 22 May 2014 11:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17839

Actions (login required)

View Item View Item