SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN KITOSAN– TRIPOLIFOSFAT SEBAGAI ALTERNATIF PENGONTROL SISTEM PELEPASAN OBAT


NovillaAnggasari, 4350408005 (2013) SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN KITOSAN– TRIPOLIFOSFAT SEBAGAI ALTERNATIF PENGONTROL SISTEM PELEPASAN OBAT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN KITOSAN– TRIPOLIFOSFAT SEBAGAI ALTERNATIF PENGONTROL SISTEM PELEPASAN OBAT]
Preview
PDF (SINTESIS DAN KARAKTERISASI MEMBRAN KITOSAN– TRIPOLIFOSFAT SEBAGAI ALTERNATIF PENGONTROL SISTEM PELEPASAN OBAT)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan sintesis membran kitosan yang dimodifikasi dengan tripolifosfat. Selanjutnya membran yang dihasilkan akan dikaji keunggulannya dalam kontrol pelepasan obat. Keberhasilan suatu proses pelepasan dengan menggunakan membran tergantung pada kualitas membran yang dihasilkan. Untuk mengetahui kualitas membran dilakukan karakterisasi yang meliputi swelling indekx, analisis morfologi, permselektivitas, dan uji partisi. Serta kinerja membran sebagai pengontrol pelepasan obat secara in vitro. Hasil uji swelling dengan media akuades dan buffer pH 7,5 menunjukkan bahwa membran kitosan tanpa TPP memiliki derajat swelling yang lebih besar daripada membran kitosan-TPP yaitu sebesar 119,28% dan 129,29%. Sementara itu, membran kitosan-TPP memiliki koefisien rejeksi yang lebih baik dibanding membran kitosan tanpa TPP yaitu sebesar 79,89%. Pada penetuan permeabilitas dan koefisien difusi terhadap model obat albumin, membran kitosan-TPP menunjukkan permeabilitas dan koefisien difusi yang lebih kecil dibandingkan dengan membran kitosan tanpa TPP sebesar 2,006 dan 0,0010. Dengan demikian, membran kitosan-TPP memiliki karakteristik lepas lambat terhadap albumin yang lebih lama daripada membran kitosan tanpa TPP. Sedangkan hasil morfologi SEM permukaan membran kitosan TPP 0,1 % memiliki tekstur yang halus dan lebih homogen. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai karakterisasi membran kitosan-TPP sebagai agen pengontrol pelepasan obat dengan uji biodegradabilitas dan biokompatibilitas, sehingga dapat diterapkan untuk model obat yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sintesis, membran kitosan-TPP, pelepasan obat
Subjects: Q Science > QD Chemistry
R Medicine > RZ Other systems of medicine
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:22
Last Modified: 22 May 2014 11:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17835

Actions (login required)

View Item View Item