Penerapan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Sederhana Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Tipar Kidul Kabupaten Banyumas.


Intan Widya Ayu, 1401409298 (2013) Penerapan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Sederhana Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Tipar Kidul Kabupaten Banyumas. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Sederhana Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Tipar Kidul Kabupaten Banyumas.]
Preview
PDF (Penerapan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Tiga Dimensi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Sederhana Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Tipar Kidul Kabupaten Banyumas.)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Tipar Kidul pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang sederhana tahun pelajaran 2011/2012 masih rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih berpusat pada guru, guru belum menerapkan model pembelajaran kooperatif sehingga siswa kurang berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Selain itu pembelajaran juga masih dilakukan dengan metode ceramah, guru belum menggunakan media dalam pembelajaran. Untuk mencapai hasil yang optimal, guru perlu menerapkan model dan media pembelajaran yang dapat membantu siswa berinteraksi secara aktif dalam pembelajaran sehingga terwujud pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered). Model pembelajaran tersebut yakni Student Team Achievement Divisions (STAD). Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV serta performansi guru pada materi bangun ruang sederhana melalui model STAD berbantuan media tiga dimensi di SD Negeri 2 Tipar Kidul Banyumas. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 2 Tipar Kidul tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (tes formatif) dan non tes (observasi dan dokumentasi). Indikator keberhasilan pada penelitian ini yaitu nilai rata-rata kelas ≥ 60 dan persentase tuntas belajar klasikal

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa, Performansi Guru, Model Student Team Achievement Divisions (STAD), Media Tiga Dimensi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:21
Last Modified: 22 May 2014 11:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17834

Actions (login required)

View Item View Item