PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP PADA SISWA KELAS VB SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG


Nur Khofifah, 1401409295 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP PADA SISWA KELAS VB SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP PADA SISWA KELAS VB SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP PADA SISWA KELAS VB SDN PURWOYOSO 03 SEMARANG)
Download (7MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA kelas VB di SD Negeri Purwoyoso 03 masih ditemukan permasalahan. Dalam pembelajaran, guru belum optimal dalam menerapkan strategi belajar yang efektif dan guru belum memberikan alur konsep yang jelas untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan sehingga siswa yang belum menemukan strategi belajar mandiri mengalami kesulitan memahami konsep. Hal ini berdampak, siswa menjadi pasif dalam pembelajaran dan hasil belajarnya rendah. Peneliti berupaya meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui strategi belajar peta konsep. peta konsep adalah suatu organisasi dari hubungan konsep-konsep dan mempunyai label untuk membunyikan arti setiap hubungan antar konsep tersebut. peta konsep memiliki keunggulan dapat mewakili pemahaman siswa dan mempermudah siswa mengkomunikasikan pengetahuannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Strategi Belajar Peta Konsep dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA kelas V B SD N Purwoyoso 03 semarang ? Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA meliputi meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi belajar peta konsep dalam pembelajaran IPA di kelas VB SD Negeri Purwoyoso 03 Semarang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan 12 siswa Kelas V B SD Negeri Purwoyoso 03 Semarang. Hasil penelitian diperoleh data pada siklus I skor keterampilan mengajar guru berada pada kategori cukup dengan skor 19, siklus II meningkat dengan kategori baik skor 27, dan siklus III meningkat sangat baik dengan skor 34. Rata-rata skor aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 18,75 kategori cukup, pada siklus II sebesar 24,00 kategori baik, meningkat menjadi 27,98 dengan kategori sangat baik pada siklus III.Presentase ketuntasan hasil belajar mengalami peningkatan dari 64,10% pada siklus I menjadi 76,93% pada siklus II kemudian 89,75% pada siklus III. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan strategi belajar peta konsep dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Disarankan kepada guru untuk mencoba menerapkan strategi belajar peta konsep agar siswa dapat belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPA, Strategi Belajar Peta Konsep
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:30
Last Modified: 22 May 2014 11:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17832

Actions (login required)

View Item View Item