PENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PURWOYOSO 01 SEMARANG


Evi Purnamasari, 1401409287 (2013) PENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PURWOYOSO 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PURWOYOSO 01 SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PURWOYOSO 01 SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran IPA berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Berdasarkan hasil observasi terdapat beberapa permasalahan dalam pembelajaran IPA diantaranya dalam pembelajaran guru kurang terampil dalam menyampaiakan topik pembelajaran, belum membimbing siswa dalam mengajukan pertanyaan, guru belum membimbing siswa dalam melakukan percobaan, sehingga siswa kurang memahami materi yang disampaikan guru, siswa kesulitan dalam membentuk kelompok dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran inkuiri dengan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Purwoyoso 01 Semarang? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Purwosoyo 01 Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Purwoyoso 01 Semarang yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dokumentasi serta catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data menggunakan tekniik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model pembelajaran inkuiri dengan media audiovisual. Persentase keterampilan guru pada siklus I yaitu 52% kategori baik, siklus II yaitu 70% kategori baik, dan siklus III yaitu 89% kategori sangat baik. Persentase aktivitas siswa pada siklus I yaitu 55% kategori baik, siklus II yaitu 68% kategori baik, dan siklus III yaitu 81% kategori sangat baik. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 56%, siklus II yaitu 75%, dan siklus III yaitu 91%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran inkuiri dengan media audiovisual pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Purwoyoso 01 Semarang. Berdasarkan simpulan, maka saran peneliti adalah diharapkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan media audiovisual dapat mempermudah guru dan siswa dalam pembelajaran IPA, dan diharapkan model pembelajaran inkuiri dengan media audiovisual dapat diterapkan pada kelas lain atau mata pelajarana lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran IPA, model pembelajaran inkuiri, media audiovisual.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:27
Last Modified: 22 May 2014 11:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17828

Actions (login required)

View Item View Item