PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SDN BRINGIN 02


WISNU ADI NUGROHO, 1401409285 (2013) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SDN BRINGIN 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SDN BRINGIN 02]
Preview
PDF (PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS V SDN BRINGIN 02)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang permasalahan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Bringin 02. Guru belum mengaitkan pembelajaran dengan dunia nyata siswa. Hal tersebut berdampak pada aktivitas siswa yakni kurangnya minat siswa dalam pembelajaran IPA, keaktifan siswa kurang dan cenderung pasif. Hasil belajar IPA rendah. Hal ini ditunjukkan dari 41 siswa, 25 siswa (60,97%) mendapat nilai di bawah KKM yaitu <60 dan 16 siswa (39,03%) di atas KKM. Untuk memperbaiki hal tersebut peneliti menerapkan pendekatan CTL pada pembelajaran IPA. Rumusan masalah penelitian ini bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Bringin 02?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Bringin 02. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Bringin 02. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian siklus I, keterampilan guru mendapatkan rata-rata skor 29 dengan kriteria baik. Siklus II meningkat rata-rata skor menjadi 37,5 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa siklus I mendapatkan rata-rata skor 26,16 dengan kriteria baik. Siklus II meningkat rata-rata skor menjadi 31,95 dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I ketuntasan siswa adalah 69,15. Siklus II ketuntasan siswa meningkat menjadi 81,22. Kesimpulan, melalui pendekatan CTL dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Bringin 02 pada pembelajaran IPA. Penerapan model pembelajaran ini dapat dijadikan sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran untuk mata pelajaran yang lainnya karena CTL membantu siswa mengaitkan pengetahuan dengan dunia nyata.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pembelajaran, CTL, Berbasis Lingkungan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:27
Last Modified: 22 May 2014 11:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17823

Actions (login required)

View Item View Item